Tingkatkan Kesejahteraan Masyarakat dengan Nila Srikandi

34
Dok. Bibit Nila Srikandi

KKPNews, Jakarta – Badan Riset dan Sumber Daya Manusia Kelautan dan Perikanan (BRSDM) – Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) terus berusaha mengembangkan hasil riset dan inovasi untuk dapat diadaptasi guna meningkatkan kesejahteraan masyarakat kelautan dan perikanan.

BRSDM melalui Balai Riset Pemuliaan Ikan (BRPI) kembali mendistribusikan varietas ikan unggul hasil riset pemuliaan, yakni nila Srikandi, sebanyak 30.000 ekor pada 10 Mei 2020 kepada pembudidaya di Desa Ciparage, Kecamatan Tempuran, Kabupaten Karawang. Pendistribusian ini juga terlaksana sebagai sarana pengembagan ikan nila Srikandi di Kabupaten Karawang.

“Pendistribusian ikan nila Srikandi sebanyak 30.000 ekor ini merupakan tahap pertama untuk pengembangan di masyarakat. Kegiatan akan dipantau bersama-sama dengan mitra pembudidaya di Desa Ciparag,e Karawang,” tutur Joni haryadi, Kepala BRPI.

Lebih lanjut disampaikan Koordinator Penelitian Ikan Nila BRPI, Bambang Gunadi, bahwa ikan nila Srikandi merupakan strain ikan nila unggul hasil persilangan antara nila Nirwana dan nila Biru yang diproduksi oleh BRPI. Ikan nila SRIKANDI mempunyai karakter tumbuh cepat di perairan payau (salinitas 10-30 ppt). Ikan ini telah berhasil dirilis berdasarkan Keputusan Menteri Kelautan dan Perikanan Republik Indonesia Nomor KEP.09/MEN/2012 tentang pelepasan ikan nila Srikandi.

Nilanto

“Kegiatan ini sejalan dengan program Dinas Perikanan Kabupaten Karawang untuk membangun Kampung Nila Srikandi di Desa Ciparage jaya Kecamatan Tempuran. Diharapkan kegiatan ini terus maju berkembang bersama mitra untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat terutama para pembudidaya di kawasan pertambakan Kabupaten Karawang dan nantinya juga akan dikembangkan di kawasan-kawasan pertambakan di seluruh Indonesia,” jelas Joni haryadi.

Dalam kegiatan riset dan pengembangan ini para peneliti BRPI juga melaksanakan observasi kegiatan dan pendampingan terhadap pembudidaya di Desa Ciparage, Kecamatan Tempuran, Kabupaten Karawang yang dilakukan secara daring sehingga dapat terpantau perkembanganya.

Nilam

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?
  • Terhibur (0.0%)
  • Terinspirasi (0.0%)
  • Senang (0.0%)
  • Tidak Peduli (0.0%)
  • Terganggu (0.0%)
  • Takut (0.0%)
  • Marah (0.0%)
  • Sedih (0.0%)

Comments

comments