Tingkatkan Kapasitas SDM, Poltek Bitung KP Gelar Pelatihan

496

KKPNews, Bitung. Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) melalui Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia dan Pemberdayaan Masyarakat Kelautan dan Perikanan (BPSDMP KP) menggelar rangkaian kegiatan berupa pendidikan, pelatihan dan penyuluhan guna meningkatkan kapasitas sumber daya manusia (SDM). Kegiatan ini dilakukan di berbagai satuan pendidikan, salah satunya di Politeknik Kelautan dan Perikanan (Poltek KP) Bitung, Sulawesi Utara (Sulut).

Dalam kegiatan, para peserta dibekali berbagai macam ilmu seputar kelautan dan perikanan, seperti pelatihan perawatan dan pemeliharaan mesin kapal, teknil kapal penangkap ikan, hingga peninjauan langsung ke lokasi terumbu karang.

Di bidang penangkapan ikan dan permesinan kapal perikanan, Pelaksana Tugas (Plt) Kepala BPSDMP KP Andha Fauzie Miraza mengatakan, para taruna diwajibkan mengikuti pelayaran selama 100–120 hari per tahun dan Praktik Kerja Lapang di desa nelayan dengan menggunakan kapal 8–20 GT alat tangkap jaring purse seine. Begitu pun  saat menggunakan kapal penangkap 40-80 gt, alat tangkap pole and line selama 2 minggu.

“Tugas mereka dibagi-bagi, tapi harus menyeluruh. Ada yang bertindak sebagai penyuluh selama 2 minggu, serta ada yang mengikuti Kerja Praktek Akhir 5–6 bulan di kapal Industri penangkapan ikan 100 GT”, terangnya.

Kegiatan diikuti oleh Satuan pendidikan KKP terdiri dari satu Sekolah Tinggi Perikanan (STP) di lima kampus (Jakarta, Bogor, Serang, Karawang, dan Wakatobi) tiga Poltek KP di Sidoarjo, Bitung, dan Sorong. Selain itu, sembilan Sekolah Usaha Perikanan Menengah (SUPM) di Aceh, Pariaman, Kotaagung, Tegal, Pontianak, Bone, Ambon, Sorong, dan Kupang juga diikutsertakan.

“Peserta didiknya lebih dari 40% anak pelaku utama sektor nelayan, pembudidaya ikan, pengolah ikan, dan petambak garam dan sisanya merupakan masyarakat umum dan mitra kerja sama”, jelas Andha, pada Kamis (26/11).

Dengan adanya kegiatan pendidikan di Poltek KP Bitung, diharapkan dapat menciptakan SDM handal dan profesional. Mereka juga diharapkan dapat menjadi tenaga ahli untuk mengelola sektor kelautan dan perikanan.

“Selain itu latihan ini, diharapkan dapat menciptakan SDM handal dan profesional Sehingga dapat bekerja sebagai tenaga ahli maupun berwirausaha guna mengelola sektor kelautan dan perikanan secara cerdas dan bertanggung jawab”, jelasnya.

Dia juga berharap, keberadaan Poltek KP ini dapat meningkatkan kapasitas masyarakat, khususnya di Sulut dan sekitarnya, serta bermanfaat besar untuk membantu lembaga-lembaga pendidikan lainnya di sektor kelautan dan perikanan.

Sejak diresmikan Menteri KP pada 14 Juli 2014 sebagai Poltek KP Bitung, telah menyelenggarakan tiga program studi selain Teknologi Penangkapan Ikan (TPI) dan Mekanisasi Perikanan (MP) yang sebelumnya sudah ada, juga Teknologi Pengolahan Produk Perikanan (TP3), yang baru dibuka tahun lalu.

(MD/DS)

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?
  • Terhibur (0.0%)
  • Terinspirasi (0.0%)
  • Senang (0.0%)
  • Tidak Peduli (0.0%)
  • Terganggu (0.0%)
  • Takut (0.0%)
  • Marah (0.0%)
  • Sedih (0.0%)

Comments

comments