Tim US-FDA pastikan Sistem Jaminan Mutu dan Keamanan di Indonesia Telah Diterapkan

298
by google.com

KKPNews, Jakarta – Sistem Jaminan Mutu dan Keamanan Hasil Perikanan (SJMKHP) di Indonesia, telah diterapkan dengan baik. Hal ini terbukti saat tim United States Food and Drug Administration (US-FDA) selaku Competent Authority dalam hal keamanan pangan ke Indonesia, pada 11 – 22 April 2016.

Kunjungan dilakukan bersama tim Balai Karantina Ikan dan Pengendalian Mutu, Kementerian Kelautan dan Perikanan (BKIPM-KKP) di wilayah DKI jakarta, Propinsi Lampung dan Jawa Timur. Adapun tim delegasi US-FDA terdiri dari 2 orang, yakni Barbara Montwill dan Jane Cluster.

Tunjungan dari kunjungan ini adalah dalam rangka mencari informasi lebih detail mengenai penerapan jaminan mutu dan keamanan hasil perikanan yang diekspor Indonesia ke USA, khususnya produk rajungan dan udang hasil hasil budidaya.

“Hasil dari kunjungan tersebut ialah, secara umum Sistem Jaminan Mutu dan Keamanan Hasil Perikanan (SJMKHP) di Indonesia telah diterapkan dengan baik. Seperti perundangan terkait SJMKHP dan SOP untuk masing-masing rantai produksi telah diterapkan secara bertahap.”, ungkap Kepala BKIPM, Rina dalam keterangan tertulisnya, Rabu (15/6).

Selain itu, juga dilaksanakan pelatihan serta supervisi telah banyak dilakukan baik untuk inspektur mutu maupun pelaku usaha dan sistem sertifikasi dari hulu ke hilir telah diterapkan.

Meski begitu, tim US-FDA juga mendapati beberapa temuan dan menjadi bagian dari tim. Salah satunya adalah sistem pencatatan, penerapan cara penanganan yang baik serta kapasitas laboratorium yang perlu ditingkatkan.

Sesudahnya, tim inspeksi US-FDA akan menyusun draft laporan lengkap hasil kunjungan untuk dikirimkan kepada BKIPM, sebelum akhirnya menjadi final report hasil kunjungannya ke Indonesia. (MD)

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?
  • Terinspirasi (100.0%)
  • Terhibur (0.0%)
  • Senang (0.0%)
  • Tidak Peduli (0.0%)
  • Terganggu (0.0%)
  • Takut (0.0%)
  • Marah (0.0%)
  • Sedih (0.0%)

Comments

comments