Teknologi Nanobubble Tingkatkan Pertumbuhan Ikan Sidat

901

KKPNews, Jakarta – Teknologi gelembung kecil atau nanobubble mampu meningkatkan pertumbuhan ikan hingga 40 persen dari bobot biasa. Hal ini berdasarkan hasil penelitian Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) yang dirilis akhir bulan lalu. Salah satu produk perikanan yang dapat diaplikasikan pada teknologi nanobubble adalah ikan sidat.

Ikan sidat atau Anguilla spp memiliki bentuk menyerupai belut dan memiliki nilai ekonomi yang tinggi dalam lima tahun terakhir di pasaran. Saat ini harga ikan sidat berkisar antara Rp160.000 hingga Rp245.000/ kilogram (kg) yang rata-rata terdiri dari 3-4 ekor ikan. Bahkan, harga jualnya bisa mencapai Rp1,5-2 juta per kg jika diekspor ke Jepang.

Direktur Jenderal Perikanan Budidaya KKP, Slamet Soebjakto mengungkapkan bahwa teknologi nanobubble mampu mendukung produksi ikan karena aktivitas metabolismenya meningkat sehingga lebih efektif dalam memanfaatkan pakan untuk pertumbuhan ikan.

“Melalui teknologi nanobuble ini, kualitas air akan terjaga. Ikan tumbuh secara optimal, dan hemat energi. Ini sangat cocok untuk dikembangkan karena selaras dengan konsep keberlanjutan”, ujar Slamet dalam keterangan tertulisnya, Rabu (27/4).

Teknologi nano bubble diharapkan dapat menjadi solusi bagi pengelolaan kualitas air selama proses produksi budidaya, khususnya oksigen. Oksigen dalam air sangat diperlukan oleh ikan untuk kebutuhan metabolismenya. Semakin kecil gelembung air, jumlah difusi oksigen semakin besar dan kelarutan oksigen semakin tinggi.

Melalui teknologi nanobubble, diameter gelembung diperkecil hingga mencapai skala nano, yang berarti luas permukaan akan semakin besar dan kelarutan oksigen semakin tinggi.

“Gelembung skala nano dapat mencapai <100 nm dan memiliki waktu tinggal dalam air lebih lama sehingga oksigen yang dihasilkan sangat tinggi dan lebih lama. Dengan demikian, oksigen dalam air terjaga dalam jumlah sangat tinggi (dapat di atas 9 ppm) dalam waktu yang lebih lama,” terang Slamet.

(RA)

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?
  • Terinspirasi (87.5%)
  • Senang (12.5%)
  • Terhibur (0.0%)
  • Tidak Peduli (0.0%)
  • Terganggu (0.0%)
  • Takut (0.0%)
  • Marah (0.0%)
  • Sedih (0.0%)

Comments

comments