Taruna Poltek KP Karawang dan Pangandaran Dilantik

133
dok.humas BRSDM

KKPNews, Karawang – Pusat Pendidikan Kelautan dan Perikanan menyelenggarakan Upacara Pelantikan Taruna Baru Politeknik Kelautan dan Perikanan Karawang Angkatan III dan Politeknik KP Pangandaran angkatan II, Tahun Akademik 2018/2019, pada 20 Desember 2018, bertempat di Politeknik KP Karawang.

“Selamat kepada para taruna baru yang telah berhasil lulus ujian masuk Politeknik KP Karawang dan Pangandaran dan telah memulai kegiatan awal yaitu Masa Orientasi Studi dan Ketarunaan (MOSTAR), kegiatan Latihan Dasar Kedisiplinan Taruna (Latdaslintar), masa basis serta perkuliahan akademik semester 1. Saya percaya bahwa Bapak-Bapak dan Ibu-Ibu saat ini merasa bangga dan bahagia melihat putra putrinya memperoleh kesempatan mengikuti pendidikan di Politeknik KP Karawang dan Pangandaran dalam rangka menyongsong masa depan yang lebih baik,” tutur Kepala Badan Riset dan Sumber Daya Manusia Kelautan dan Perikanan (BRSDM) Sjarief Widjaja.

Dalam kesempatan tersebut, Kepala BRSDM secara resmi melantik 67 orang taruna/i Politeknik KP Karawang, yang terdiri dari prodi Teknik Penangkapan Ikan 20 orang;  prodi Teknik Pengolahan Produk Perikanan 23 orang; prodi Teknik Kelautan 24 orang. Di mana 35 taruna/taruni yang dilantik merupakan anak Pelaku Utama Perikanan (Pumakan).

Serta 75 orang taruna/i  Politeknik KP Pangandaran,  yang terdiri dari prodi Teknologi Kelautan 25 orang, Prodi Pengolahan Hasil Laut 25 orang dan  Prodi Budidaya Ikan 25 orang. Di mana 36 taruna/taruni yang dilantik merupakan anak Pelaku Utama Perikanan (Pumakan).

“Pengembangan sumberdaya manusia kelautan dan perikanan melalui pendidikan di Politeknik KP Karawang dan Pangandaran diarahkan pada pembentukan tenaga profesional yang mandiri, beretos kerja tinggi, produktif, inovatif, berjiwa wirausaha dan berjiwa bahari serta berwawasan Iingkungan. Kita  juga menciptakan generasi generasi muda kelautan dan perikanan yang sehat dan bermental baja,” tegas Sjarief.

Dalam arahannya, turut disampaikan bahwa penyelenggaraan pendidikan pada satuan pendidikan lingkup KKP bersendikan 4 pilar utama, yakni learning to know, to do, to live together dan to be. Keempat pilar tersebut ditujukan untuk membangun karakter unggul dan cerdas, dengan pengembangan pengetahuan (knowledge), keterampilan (skill), dan karakter (character building).

Sistem pendidikan BRSDM – Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP), juga menerapkan sistem vokasi dengan pendekatan teaching factory yaitu 60 persen  teori dan 40 persen praktik. Hal tersebut dimaksudkan agar satuan pendidikan dapat menghasilkan lulusan yang memiliki karakter unggul dan memiliki kompetensi sehingga menjadi tenaga kerja profesional, memiliki jiwa kewirausahaan yang kuat, serta berkarakter baik, sehingga dapat menjadi kekuatan bagi pengembangan dunia usaha dan dunia industri kelautan dan perikanan.

Turut hadir dalam acara tersebut Bupati Karawang, Cellica Nurrachadiana; Kepala Dinas KP Kabupaten Pangandaran; Direktur Politeknik KP Karawang; Ketua Koordinator Poltek KP Pangandaran; serta para Orang tua taruna serta Taruna baru Politeknik KP Karawang dan Pangandaran.

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?
  • Senang (100.0%)
  • Terhibur (0.0%)
  • Terinspirasi (0.0%)
  • Tidak Peduli (0.0%)
  • Terganggu (0.0%)
  • Takut (0.0%)
  • Marah (0.0%)
  • Sedih (0.0%)

Comments

comments