Susun RPP, Pemda Banyuasin Optimalkan Perairan Umum

193
ilustrasi petani ikan oleh antara foto

KKPNews, Banyuasin –  Pemerintah daerah Musi Banyuasin, Sumatera Selatan melalui Dinas Perikanan setempat akan memanfaatkan perairan umum daratan secara maksimal. Hal ini dikarenakan, perairan umum dinilai memiliki keanekaragaman sumber daya ikan yang tinggi. Untuk itu, saat ini sedang disusun Rencana Pengelolaan Perikanan (RPP) Perairan Umum.  

“Untuk memanfaatkan salah satu potensi daerah yang cukup besar itu saat ini tengah disusun draft Rencana Pengelolaan Perikanan (RPP) Perairan Umum,” jelas Kepala Dinas Perikanan Musi Banyuasin, H A Mukhoir, di Sekayu beberapa waktu lalu, Kamis (28/4).

Perairan Musi Banyuasin, lanjutnya, termasuk dalam potensi daerah dan ini dapat dimanfaatkan secara maksimal untuk menyediakan lapangan kerja bagi masyarakat, meningkatkan pendapatan asli daerah, serta melestarikan sumber daya ikan langka.

Jika RPP perairan umum daratan selesai disusun, diharapkan pihaknya dapat mengelola potensi daerah dengan melibatkan masyarakat secara maksimal dan potensi tersebut benar-benar dapat bermanfaat sesuai dengan harapan bersama. 

Sementara itu, Direktur Pengelolaan Sumberdaya Ikan Direktorat Jenderal Perikanan Tangkap Kementerian Kelautan Dan Perikanan, Toni Ruchimat, menyatakan perairan umum daratan memiliki keanekaragaman sumber daya ikan yang tinggi.

“Perairan umum daratan Indonesia mempunyai luas 13,85 juta hektare dengan keanekaragaman sumber daya ikan yang tinggi, namun hingga kini terkesan diabaikan atau belum dimanfaatkan secara maksimal,” jelasnya. 

Melihat potensi sumber daya ikan yang tinggi pada perairan umum daratan, pihaknya berupaya mendorong pemerintah daerah seperti Pemkab Musi Banyuasin, Sumatera Selatan yang cukup serius memanfaatkan potensi tersebut.

“Perairan umum daratan yang terabaikan akan berdampak terhadap penurunan potensi luasnya keanekaragaman jenis ikan, produksi ikan, kesempatan dan peluang kerja, pendapatan asli daerah, dan fungsi estetika”, pungkas Toni.

Perairan umum daratan Indonesia mempunyai luas 13,85 juta ha dengan keanekaragaman sumber daya ikan yang tinggi. Namun kurangnya perhatian dan riset di perairan umum daratan membuat anggapan produksi perikanan tangkap 6,2 juta ton pada 2015 lalu sebagai sumbangan dari perairan laut, padahal potensi perikanan tangkap di perairan umum daratan ditaksir mencapai 3 juta ton per tahun. (MD)

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?
  • Terhibur (0.0%)
  • Terinspirasi (0.0%)
  • Senang (0.0%)
  • Tidak Peduli (0.0%)
  • Terganggu (0.0%)
  • Takut (0.0%)
  • Marah (0.0%)
  • Sedih (0.0%)

Comments

comments