SUPM Ladong Optimalkan Sarpras Melalui Teaching Factory

320

Kebijakan Kementerian Kelautan dan perikanan untuk menyelenggarakan pendidikan vokasi sangat tepat untuk menyedikan tenaga terampil dan ahli  perikanan yang kompeten dan berdaya saing. Arah pendidikan vokasi dengan pendekatan teaching factory pada satuan pendidikan KKP adalah pengembangan pengetahuan (knowledge), keterampilan (skill) dan karakter (character building). Adapun pendekatan teaching factory menghadirkan dunia usaha dan dunia industri yang sesungguhnya di dalam kampus, dengan porsi 70% praktek dan 30% teori.

SUPM Ladong merupakan salah satu satuan pendidikan KKP yang menyelenggarakan program keahlian Nautika Perikanan Laut (NPL), Teknika Perikanan Laut (TPL), Teknologi Budidaya Perikanan (TBP), serta Teknologi Pengolahan Hasil Perikanan (TPHP). Sekolah ini konsisten menyelenggarakan tmenerapkan pembelajaran dengan pendekata teaching factory (tefa), salah satu keunggulannya adalah tefa budidaya udang sistem busmetik (budidaya udang sekala mini pada empang plastik). Budidaya udang ini telah diselenggarakan sejak tahun 2012 dengan melibatkan siswa secara aktif dan didampingi oleh guru sebagai konsultan.

Keberhasilan tefa ini menujukan kesiapan lulusan untuk memasuki dunia kerja/industri bidang kelautan dan perikanan, hal tersebut dapat dilhat dari serapan lulusan pada tahun 2015 mencapai 93% terserap di dunia usaha dan industri serta 7% memperoleh kesempatan melanjutkan pendidikan kelautan dan perikanan pada jenjang yang lebih tinggi

Kepala SUPM Ladong, Zulfikar mengungkapkan bahwa teaching factory SUPM Ladong telah menjadi rujukan bagi SMK-SMK di wilayah sekitarnya, hal ini ditunjukan dengan terjalinnya kerjasama dengan berbagai SMK untuk pemanfaatan sarana parasara, sharring knowledge, maupun peningkatan kompetensi pendidik.

Untuk meningkatkan kompetensi siswa, SUPM Ladong bekerja sama dengan beberapa perusahaan terkait dengan pelibatan siswa dalam aktivitas perusahaan. Adapun untuk melatih insting wirausaha, siswa didik dengan pendekatan teaching factory yang merupakan perpaduan pembelajaran yang sudah ada yaitu Competency Based Training (CBT) dan Production Based Training (PBT)

Disamping itu, SUPM Ladong juga bekerja sama dengan berbagai perusahaan untuk menyalurkan lulusan bekerja pada perusahaan tersebut. Sampai saat ini tercatat beberapa perusahaan telah bekerja sama baik untuk penyaluran tenaga kerja di dalam negeri maupun luar negeri.

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?
  • Terinspirasi (100.0%)
  • Terhibur (0.0%)
  • Senang (0.0%)
  • Tidak Peduli (0.0%)
  • Terganggu (0.0%)
  • Takut (0.0%)
  • Marah (0.0%)
  • Sedih (0.0%)

Comments

comments