Serunya Lomba Tangkap “Setan Merah” di Waduk Sermo

32
Lomba Menangkap Ikan Red Devil di Waduk Sermo pada 18-20 Juni 2019. Dok. Humas BKIPM

KKPNews, Kulonprogo – Badan Karantina Ikan, Pengendalian Mutu dan Keamanan Hasil Perikanan (BKIPM) menggelar Lomba Menangkap Ikan Red Devil di Waduk Sermo yang digelar selama tiga hari yakni 18-20 Juni 2019. Lomba tersebut merupakan bagian dari rangkaian acara Bulan Bakti Karantina dan Mutu Hasil Perikanan 2019, sekaligus upaya pemerintah dalam menekan ikan invasif di perairan umum.

Sebagai syarat utama, pelaksanaan lomba menangkap ikan yang berasal dari Nikaragua ini menggunakan alat tangkap ramah lingkungan, yakni alat pancing, jaring, dan jala. Panitia menyediakan hadiah dengan total Rp 8,1 juta.

Ikan ‘Setan Merah’ yang berhasil ditangkap oleh peserta, Selasa-Rabu (18-19 Juni) mencapai 164,9 kg. Angka ini tembus di angka lebih dari 512,35 kg di hari ketiga (20 Juni) pelaksanaan lomba.

Seorang panitia yang berasal dari SKIPM Yogyakarta, Latif Nugroho mengungkapkan, Red Devil termasuk jenis ikan dari luar negeri yang dilarang masuk di Indonesia. Ia mengaku tidak mengetahui ikan tersebut banyak ditemui di Waduk Sermo.

“Selain nilai ekonominya rendah, keberadaannya membahayakan perkembangan populasi jenis ikan lain. Untuk meningkatkan keamanan populasi ikan lokal, keberadaan ikan ini harus dikendalikan,” tuturnya.

Didik Sulistiyono, warga Kelurahan Hargotirto yang meraih Juara 1 dalam lomba tersebut mengaku sering menjumpai ikan jenis Red Devil ini. “Selama saya memancing di Waduk Sermo, hampir setiap sore itu mendapatkannya ikan Red Devil. Karena apa? Ikan ini terlalu mendominasi di wilayah Waduk Sermo. sehingga ikan-ikan lokal seperti ikan nilem, ikan tawes, hampir jarang ditemui. Kebanyak mendapat ikan Red Devil. Biasanya warnanya kalau gak merah ya hitam,” jelasnya.

“Harapan saya, lomba seperti ini diadakan tiap tahun. Enggak cuma sekali, tapi beberapa kali Pak biar pemancing senang. Terima kasih BKIPM, terima kasih Kementerian Kelautan dan Perikanan, dan terima kasih Bu Susi!” tutupnya. (Humas BKIPM)

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?
  • Terhibur (0.0%)
  • Terinspirasi (0.0%)
  • Senang (0.0%)
  • Tidak Peduli (0.0%)
  • Terganggu (0.0%)
  • Takut (0.0%)
  • Marah (0.0%)
  • Sedih (0.0%)

Comments

comments