Selasa Besok, Majelis Hakim Akan Bacakan Putusan Sidang Praperadilan SS-2-KKP

247

KBRN, Sabang : Gugatan praperadilan Kapal MV.Silver Sea (SS-2) kepada Kementrian Kelautan dan Perikanan (KKP) sudah memasuki tahap akhir, Majelis Hakim dari Pengadilan Negeri (PN) Sabang akan membacakan putusan sidang.

“Sidang praperadilan sengketa kapal SS-2 berbendera Thailand antara pemohon yang menerima kuasa dari nahkoda Kapal tersebut (Yotin Kuarabaiab) dan termohon Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP), pada Selasa tanggal (20/10/2015) esok akan dilanjutkan dengan agenda pembacaan putusan sidang” kata Majelis Hakim Pengadilan Negeri (PN) Sabang Noor Ikhwan, Senin (19/10/2015).

Majelis hakim, Noor Ikhwan Ikhlas usai menerima kesimpulan dari kuasa hukum pemohon dan termohon mengatakan, sidang akan dilanjutkan pada tanggal 20 Oktober 2015 mendatang.

Sementara kuasa hukum KKP, Leonard Arpan Aritonang kepada RRI menyebutkan, hormatilah proses hukum dan biarkan majelis hakim memutuskan perkara ini sesuai fakta selama proses sidang berlangsung.

“Kami tidak mau berspekulasi, semua sudah kita sampaikan dalam sidang formil dan apapun putusan hakim nantinya harus kita hormati bersama,” ujar kuasa hukum KKP.

Pada kesempatan yang sama, kuasa hukum nahkoda Kapal MV. Silver Sea 2, Sofyan juga menengaskan, sengkata kapal ini hanyalah untuk mencari keadilan terkait ditangkapnya kapal SS-2, semua harus menjunjung tinggi hukum yang berlaku.

“Gugatan ini hanya semata untuk mencari keadilan, dan demi mewujudkan keadilan hukum harus menjadi panglima,” tegasnya.

Seperti diketahui, pada Jumat (16/10/2015) lalu, Pengadilan Negeri (Sabang) menggelarar sidang gugatan pra peradilan SS-2 dengan agenda pembacaan kesimpulan, dan Majelis Hakim juga sempat meninjaun Kapal Silver Sea 2 yang bersandar di dermaga Lanal Sabang setelah sebalumnya kapal tersebut ditangkap KRI Teuku Umar pada Bulan Agustus lalu di wilayah perairan Sabang.

Kapal tersebut diduga melakukan prakter ilegal fishing, saat ditangkap, kapal berbendera Thailand itu membawa hampir 2000 ton ikan. (Mj/HF)

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?
  • Terhibur (0.0%)
  • Terinspirasi (0.0%)
  • Senang (0.0%)
  • Tidak Peduli (0.0%)
  • Terganggu (0.0%)
  • Takut (0.0%)
  • Marah (0.0%)
  • Sedih (0.0%)

Comments

comments