Selaraskan Misi, KKP Ajak Masyarakat Bersih Pantai

250

KKPNews, Pangandaran – Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) konsisten menjadikan laut sebagai masa depan bangsa. KKP menginisiasi kegiatan Bersih Pantai di Pantai Timur Pangandaran, Minggu pagi (13/3).

Sekretaris Jenderal KKP Sjarief Widjaja mengatakan, laut Indonesia memiliki keindahan. Setiap pantai yang membentang, merupakan bagian kehidupan masyarakat Indonesia, khususnya nelayan.

“Pantai ini kan hidup kita, maka dari itu harus ada kegiatan seperti ini, bersih pantai. Agar kesadaran masyarakat pada kebersihan laut dan pantai meningkat”, jelas Sjarief disela-sela kegiatan Bersih Pantai di Pantai Timur Pangandaran, Minggu (13/3).

Sjarief juga mengingatkan, banyaknya sampah di laut, terutama sampah plastik, dapat berpengaruh buruk bagi biota laut, terutama produk unggulan kelautan dan perikanan Indonesia, seperti ikan tuna, udang, dan cumi-cumi.

“Kita mulai dulu dari bersih pantai, nanti barulah bersih laut. Hal-hal kecil seperti ini yang harusnya sering dilakukan, karena sebenarnya berdampak besar. Apalagi di laut sudah banyak sampah plastik, yang bisa mempengaruhi produk kelautan Indonesia”, ungkap Sjarief.

Sjarief pun mengajak kepada seluruh lapisan masyarakat, kegiatan Bersih Pantai ini tidak hanya dilakukan pada acara seremonial. Dia berharap, kegiatan ini dapat dilakukan secara periodik dan menjadi kegiatan rutin msyarakat daerah pesisir, bukan hanya di Pantai Timur Pangandaran.

“Kami mengajak kepada seluruh masyarakat, tidak hanya nelayan, termasuk para pedagang yang kerap membuang sampah ke laut. Kalian mendapat rezeki dari laut. Mari jaga laut kita, agar selalu bersih dan nyaman, bukan hanya bagi masyarakat tapi juga wisatawan”, tutupnya.

Sementara itu, Penanggung Jawab Acara Bersih Laut yang sekaligus menjabat sebagai Kasubdit Pengelolaan Pesisir Terpadu, Ditjen PRL KKP, Sapta Putra Ginting mengatakan, acara Bersih Lautini mengusung tema “Pesisir Bersih, Ikan Melimpah, Masyarakat Sejahtera”, dengan maksud, pantai yang bersih dapat menghasilkam produk perikanan melimpah dan berkualitas, maka dari itu masyarakat dapat sejahtera.

“Diharapkan dari acara ini dapat terwujud laut yang bersih, produk perikanan yang bagus dan berkualitas serta kesejahteraan nelayan dan masyarakat meningkat”, jelas Sapta.

Kegiatan Bersih Pantai ini merupakan rangkaian acara Pesta Nelayan yang digelar dari 12 Maret hingga 14 Maret 2016. Kegiatan ini menerjunkan 35 orang dari rukun nelayan, 35 orang dari pemkab Pangandaran dan 47 orang dari pelajar. (MD)

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?
  • Terhibur (66.7%)
  • Senang (33.3%)
  • Tidak Peduli (0.0%)
  • Terinspirasi (0.0%)
  • Terganggu (0.0%)
  • Takut (0.0%)
  • Marah (0.0%)
  • Sedih (0.0%)

Comments

comments