Ribuan Baby Lobster Dilepasliarkan di Pantai Barat Pangandaran

21
Dok. BKIPM

KKPNews, Pangandaran – Sebanyak 8.250 ekor baby lobster dilepasliarkan di perairan Batu Mandi, Pantai Barat Kabupaten Pangandaran pada Sabtu (2/2). Ribuan baby lobster tersebut merupakan benih lobster yang diselamatkan oleh pihak Bandara Husein Sastranegara Bandung.

Pelepasliaran ini dilakukan oleh Petugas Stasiun Karantina Ikan Pengendalian Mutu (SKIPM) Bandung, Sat Polair Polres Ciamis, TNI AL Kab. Pangandaran, PSDKP Pangandaran, DKPKP Pangandaran, dan Pokmaswas Kab. Pangandaran.

Kasat Polairud AKP Samuji melalui anggotanya Brigadir Tasikun mengatakan baby lobster yang dilepaskan kali ini, jumlahnya mencapai 8.250 ekor. ”Ukuranya mencapai 2 sentimeter dengan berat 0,180 gram,” jelasnya.

Menurutnya, baby lobster itu berasal dari Ujung Genteng Sukabumi dan berhasil diselamatkan saat diselundupkan di Bandara Husein Sastranegara Bandung. ”Yang berhasil menyitanya Dit Reskrimsus Polda Jabar,” tuturnya.

Setelah berhasil disita ribuan baby lobster itu diserahkan ke Balai Karantina Ikan Pengendalian Mutu dan Keamanan Bandung.

Kepala Stasiun KIPM Bandung Dedy Arief Hendriyanto, dalam kesempatan terpisah mengatakan, pelepasan baby lobster ini, sudah beberapa kali dilakukan di Pangandaran. “Potensi karang disini memang cocok untuk lobster berkembang biak. Semoga lobster tersebut dapat berkembangbiak dan masyarakat sadar untuk tidak mengambil baby lobster lagi,” terangnya.

Kepala Bidang Perikanan Tangkap Dinas Kelautan Perikanan dan Ketahanan Pangan Kabupaten Pangandaran, Yadi Gunawan mengatakan pelepasan baby lobster di perairan Pangandaran diharapkan bisa memberikan manfaat bagi penduduk sekitar.

”Setidaknya kalau sudah besar nanti, baby lobster ini bisa menjadi tangkapan yang bernilai ekonomis tinggi,” ujar Yadi. (Humas BKIPM)

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?
  • Terhibur (0.0%)
  • Terinspirasi (0.0%)
  • Senang (0.0%)
  • Tidak Peduli (0.0%)
  • Terganggu (0.0%)
  • Takut (0.0%)
  • Marah (0.0%)
  • Sedih (0.0%)

Comments

comments