Ratusan Mahasiswa Universitas Brawijaya Malang Lakukan Praktikum di PPN Brondong

208

KKPNews, Brondong – Untuk melengkapi kegiatan belajar mata kuliah Metode Penangkapan Ikan,sekitar  244 mahasiswa Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan Jurusan Teknologi Hasil Perikanan, Jurusan Manajemen Sumber Daya Perairan dan Jurusan Ilmu Kelautan Universitas Brawijaya melakukan praktikum di Pelabuhan Perikanan Nusantara (PPN) Brondong.

Kegiatan tersebut dilaksanakan selama dua hari pada tangga 20 dan 27 November 2016. Para mahasiswa didampingi oleh dosen pembimbing Gatot Bintoro,  Tri Joko Lelono dan Eko Sulkani Yulianto. Kedatangan mereka diterima oleh Kasie Operasional Pelabuhan PPN Brondong Sri Agung Prayitno, Kasie TKPU (Tata Kelola dan Pelayanan Usaha) Ambar Tri Harnanto dan Kasie Kesyahbandaran Harnoto.

Tujuan dilakukan praktikum ini antara lain untuk mengembangkan dan menerapkan ilmu pengetahuan yang telah diperoleh mahasiswa dalam bangku perkuliahan, untuk mengetahui cara berinteraksi dengan orang lain dalam lingkungan kerja, menumbuhkan mahasiswa yang mampu berfikir secara luas dan kritis dalam menghadapi kehidupan di lapangan yang sebenarnya.

Selama praktikum di PPN Brondong, kegiatan dibagi menjadi dua, yaitu pengamatan lapangan dan pembekalan materi. Mahasiswa dibagi menjadi kelompok besar yang masing-masing kelompok terdiri dari 30 orang. Setiap kelompok akan melakukan trip singkat bersama nelayan untuk mengetahui cara pengoperasian alat tangkap jaring rawai, operasional penangkapan ikan dan pengolahan kepada anak buah kapal (ABK)

Sementara untuk pembekalan materi dilakukan setelah pengamatan lapangan. Seluruh mahasiswa menerima materi di meeting hall fisherman PPN Brondong. Mereka mendapatkan informasi tentang profil pelabuhan, peraturan perundang-undangan tentang alat tangkap yang dilarang dan diskusi tentang langkah yang seharusnya dilakukan mahasiswa dalam mendukung program Indonesia sebagai poros maritim. Selain itu dbahas pula tentang program pemerintah yang akan di jalankan di bidang perikanan tangkap dalam menghadapi MEA 2016.

Setelah itu dilanjutkan dengan post test untuk memperoleh gambaran tentang kemampuan pemahaman yang dicapai setelah berakhirnya penyampaian materi. (MJ)

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?
  • Terhibur (0.0%)
  • Terinspirasi (0.0%)
  • Senang (0.0%)
  • Tidak Peduli (0.0%)
  • Terganggu (0.0%)
  • Takut (0.0%)
  • Marah (0.0%)
  • Sedih (0.0%)

Comments

comments