Puncak Peringatan Harkannas : Dorong Kunsumsi Protein Ikan, KKP Gelar Lomba Masak Tingkat Nasional

97
dok.humas KKP

KKPNews, Jakarta – Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) terus melakukan berbagai upaya untuk mendorong tingkat konsumsi ikan masyarakat Indonesia. Hal tersebut diungkapkan Sekretaris Jenderal KKP Nilanto Perbowo, saat menghadiri acara puncak Hari Ikan Nasional (Harkannas) ke 5 di Jakarta, Jumat (7/12).

“Upaya-upaya peningkatan konsumsi ikan masyarakat terus dilakukan oleh KKP melalui kampanye Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan (Gemarikan) melalui peningkatan pengetahuan masyarakat tentang kandungan gizi dan manfaat ikan, menumbuhkan kreativitas dalam mengolah ikan untuk keperluan konsumsi dan usaha kuliner sebagai sumber pendapatan keluarga, serta mendekatkan produk perikanan kepada masyarakat,” jelas Nilanto, yang hadir mewakili Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti.

“Pada Tahun 2017 konsumsi ikan nasional sebesar 47 kg/kap/tahun dan diharapkan untuk tahun 2018 meningkat menjadi sebesar 50 kg/kap/tahun. Kita optimis pada tahun 2024 tingkat konsumsi ikan meningkat menjadi 70 kg/kap/tahun, untuk itu kita mengharapkan peran serta semua pihak untuk mendukung program ini,” dalam sambutan Rifky E Hardijanto, selaku Dirjen Penguatan Daya Saing Produk Kelautan dan Perikanan.

Ikan sebagai sumber bahan pangan sehat, lanjut Nilanto, diharapkan berperan dalam mengurangi beban penyakit sehingga dapat mewujudkan kualitas hidup masyarakat yang lebih baik dan meningkatkan produktivitas. “Ikan dapat dijadikan sumber gizi dan protein bagi masyarakat mengingat saat ini Indonesia masih menghadapi permasalahan gizi di masyarakat,” tutur Nilanto.

“Manfaat konsumsi Ikan berperan penting untuk mencegah obesitas, kelebihan asupan makanan  dalam bentuk karbohidrat  dengan rantai yang panjang seperti gula misalnya, akan sangat efektif bila kita mengkonsumsi ikan, karena Ikan membuat rantai hidro karbon terpecah dan membuat kita lebih sehat” Ikan bisa dikonsumsi oleh semua usia dan terutama untuk ibu hamil serta usia lanjut. Dari sisi harga juga terjangkau harganya, dan sebagai sember protein yang murah dibanding ayam ras, daging,dll” jelas Rifky E Hardijanto.

“Selain itu, meningkatnya konsumsi ikan nasional juga menjadi penghela industri perikanan nasional dalam rangka meningkatkan produktivitas masyarakat dan mewujudkan kemandirian ekonomi,” tambahnya.

Saat ini, ketahanan pangan nasional serta pemenuhan gizi masyarakat, terutama protein, telah menjadi perhatian serius pemerintah. Berbagai upaya pun terus dilakukan, salah satunya dengan meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap pentingnya ikan sebagai bahan pangan yang mengandung protein berkualitas tinggi. “Pada peringatan HARKANNAS ini, KKP kembali bersinergi denganTim Penggerak PKK Pusat menyelenggarakan Lomba Masak Ikan Tingkat Nasional ke-15 dengan mengangkat tema menu masakan berbahan baku Ikan Bandeng. Melalui kegiatan ini saya berharap ikan Bandeng dapat terus dikenalkan secara luas kepada masyarakat,” ungkapnya.

“Saya akan menyampaikan selamat kepada para pemenang lomba masak tingkat nasional, semoga dapat terus meningkatkan kreativitas dalam mengolah ikan menjadi menu-menu inovatif,” tambah Nilanto.

Dalam kesempatan tersebut, Nilanto juga mengingatkan kembali mengenai kontribusi sektor kelautan dan perikanan terhadap pembangunan bangsa Indonesia. “Peningkatan konsumsi ikan menjadi tanggung jawab bersama. Semua elemen pemerintah dan masyarakat diharapkan dapat bersatu padu dalam rangka mewujudkan peningkatan kualitas sumber daya masyarakat, produktivitas dan daya saing bangsa,” jelas Nilanto.

Sebagai informasi, pemerintah telah menetapkan Hari Ikan Nasional (HARKANNAS) yang diperingati setiap tanggal 21 November. Peringatan HARKANNAS tersebut kini sudah memasuki tahun kelima, sejak ditetapkan melalui Keppres Nomor 3 Tahun 2014 pada tanggal 24 Januari 2014. Tahun ini, peringatan Harkannas mengusung tema “Dengan Protein Ikan, Kita Membangun Bangsa”.
Untuk memeriahkan peringatan Harkannas Ke-5, pemerintah melalui Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) mengajak kepada seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) agar secara serentak dan bersama-sama mengkonsumsi ikan, turut menyemarakkan HARKANNAS lingkungan kantor Pemerintah Daerah, dan menyelenggarakan pertemuan Forikan Daerah, workshop, bazar perikanan, lomba masak, festival kuliner ikan, dan lain-lain.

Sedangkan di tingkat pusat, dilakukan serangkaian kegiatan sejak tanggal 21 November hingga 8 Desember 2018 meliputi talkshow, kuliner ikan gratis, lomba inovasi menu masakan ikan, bazaar perikanan, hingga pada Puncak Peringatan HARKANNAS ke-5 pada tanggal 7 Desember 2018 di JCC Senayan Jakarta, yang akan diawali dengan Lomba Masak Serba Ikan Tingkat Nasional ke-16, bekerja sama dengan Tim Penggerak PKK Pusat yang diikuti perwakilan juara dari 31 provinsi.

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?
  • Terhibur (0.0%)
  • Terinspirasi (0.0%)
  • Senang (0.0%)
  • Tidak Peduli (0.0%)
  • Terganggu (0.0%)
  • Takut (0.0%)
  • Marah (0.0%)
  • Sedih (0.0%)

Comments

comments