Promosikan Ikan Patin ke Masyarakat, KKP Gandeng Chef Ken Gelar Demo Masak

51
Demo Masak Ikan Patin Bersama Chef Ken di kantor Kementerian Kelautan dan Perikanan, Kamis (2/5), dalam rangka mempromosikan konsumsi ikan patin di Indonesia. Dok. Humas PDSPKP

KKPNews, Jakarta – Ikan Patin Indonesia saat ini telah memiliki brand sebagai “Indonesian Pangasius – the better Choice”. Sayangnya, sampai saat ini masih banyak masyarakat yang lebih kenal ikan patin dengan sebutan ikan dori. Sejalan dengan hal itu, Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) kembali menggencarkan promosi dan edukasi mengenai patin Indonesia, salah satunya dengan mengadakan demo masak ikan patin bersama Chef Ken Sutanto. Demo masak yang dilaksanakan pada Kamis (2/5) lalu bebarengan dengan pelaksanaan bazaar produk perikanan yang dilaksanakan secara rutin di kantor KKP.

Penyelenggaraan demo masak ikan patin yang mengusung tema “Lebih Sehat Makan Ikan Patin” ini merupakan hasil kerjasama KKP dengan Dharma Wanita Persatuan.  Adapun peserta yang hadir dalam acara demo masak kali ini berasal dari Dharma Wanita Persatuan, karyawan KKP, dan masyarakat umum. Direktur Pengolahan dan Bina Mutu KKP, Innes Rahmania, yang membuka acara menyampaikan bahwa mayoritas yang diundang pada demo masak ini adalah ibu-ibu yang merupakan mitra strategis dalam upaya peningkatan konsumsi ikan.

”Ibu – ibu merupakan mitra yang sangat strategis dalam upaya peningkatan konsumsi ikan karena dalam satu keluarga, ibulah yang memutuskan menu masakan apa yang akan dikonsumsi,” terangnya.

Ikan patin yang menjadi bahan utama pada demo masak kali ini diolah oleh Chef Ken menjadi 2 macam menu yaitu “Pindang Serani Ikan Patin” untuk menu keluarga  dan “Patin Goreng Saus Rujak” untuk menu millenial.

“Pindang serani merupakan merupakan menu khas dari daerah Jepara dan kesukaan Ibu Kartini.  Cita rasanya yang khas asam-manis dan pedas, serta cara membuatnya yang mudah sangat cocok disajikan sebagai menu keluarga,” ujar Chef Ken.

Dalam kesempatan yang sama, Plt. Direktur Jenderal Penguatan Daya Saing Produk Kelautan dan Perikanan (PDSPKP), Nilanto Perbowo, dalam sambutannya mengingatkan kepada para ibu-ibu yang hadir untuk mulai mengalihkan konsumsi dari ikan dori ke ikan patin.

“Ibu-ibu sekalian mohon diviralkan bahwa ikan dori itu sama persis dengan spesies ikan patin yang ada di Indonesia. Sejak 5 tahun terakhir, KKP tidak pernah memberikan izin impor ikan dori. Jadi bila di pasaran ditemukan ikan dori maka dapat dipastikan itu adalah ikan illegal,” terang Nilanto.  (Humas PDSPKP)

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?
  • Terhibur (0.0%)
  • Terinspirasi (0.0%)
  • Senang (0.0%)
  • Tidak Peduli (0.0%)
  • Terganggu (0.0%)
  • Takut (0.0%)
  • Marah (0.0%)
  • Sedih (0.0%)

Comments

comments