Perkuat Data Konservasi, KKP – GFW Bahas Kerja Sama

30
Dok. Humas PRL

KKPNews, Jakarta – Direktorat Konservasi dan Keanekaragaman Hayati Laut (KKHL) melaksanakan pertemuan tindak lanjut kerja sama antara Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) dengan Global Fishing Watch (GFW). Pertemuan ini dipimpin oleh Firdaus Agung, Kasubdit Konvensi dan Jejaring Konservasi. Firdaus menjelaskan bahwa kerja sama antara KKP dan GFW bertujuan untuk memperkuat berbagi pakai data antara kedua belah pihak, menyediakan analisa bagi para pengambil kebijakan, dan meningkatkan kapasitas sumber daya manusia di lingkup KKP.

Sementara itu, Ahmad Baihaki Project manager dari GFW menyampaikan bahwa kegiatan kerja sama ini untuk mendukung KKP terkait tranparansi data. Dalam implementasinya, kerja sama ini telah dilaksanakan dengan baik dengan unit eselon 1 KKP yaitu Direktorat Jenderal Pengawasan Sumber Daya Kelautan dan Perikanan (Ditjen PSDKP) melalui penyediaan akses data-data VMS. Data tersebut sangat penting bagi publik untuk melihat, mengevaluasi, dan memantau kapal-kapal penangkap ikan, serta indikasi kegiatan Illegal, Unreported, and Unregulated (IUU) Fishing di wilayah perairan Indonesia.

Lebih lanjut, Ahmad menjelaskan data-data seperti IAS, VIIRS dan VMS yang telah dikumpulkan dari bergai instansi dan stakeholder oleh tim GFW dapat diproses untuk menghasilkan analisa-analisa yang penting bagi pengelolaan Kawasan konservasi perairan di Indonesia.

Adapun beberapa hasil analisa yang sangat berguna di antaranya aktivitas kapal-kapal yang masuk ke dalam kawasan konservasi perairan dapat dipantau secara regular. Beberapa pola-pola wilayah spawning, migrasi, dan harvest bisa didesign sebagai Kawasan konservasi perairan.

Selain itu, beberapa peningkatan kapasitas dalam melakukan pengumpulan data dan analisa ditawarkan oleh pihak GFW. Harapannya, data-data yang telah terkumpul dalam platform GFW bisa dimanfaatkan dan dilakukan analisa secara mandiri oleh para pengelola Kawasan dan pengambil kebijakan.

Dari penjelasan yang disampaikan oleh pihak GFW, Dit. KKHL sepakat terkait pentingnya data-data yang telah dikumpulkan dan analisa yang dihasilkan oleh GFW. Sementara terkait dengan kerja sama dalam peningkatan kapasitas, UPT ditjen PRL perlu dilibatkan dalam raggka mengukung percepatan pengelolaan efektif Kawasan Konservasi Perairan. Selanjutnya, Dit KKHL dalam kurun waktu satu minggu kedepan akan segera menyusun draft perjanjian dan tata kerja antara KKHL dengan GFW (Dit. KKHL/PRL)

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?
  • Terhibur (0.0%)
  • Terinspirasi (0.0%)
  • Senang (0.0%)
  • Tidak Peduli (0.0%)
  • Terganggu (0.0%)
  • Takut (0.0%)
  • Marah (0.0%)
  • Sedih (0.0%)

Comments

comments