Peringati Coral Triangle Day, KKP Lakukan Bersih Pantai dan Laut di TWP Anambas

43
Gerakan Bersih Pantai dan Laut di Anambas. Dok. Humas DJPRL

KKPNews, Tarempa – Dalam rangka memperingati Coral Triangle Day sedunia yang ke-8, Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) melalui Loka Kawasan Konservasi Perairan Nasional (LKKPN) Pekanbaru Wilker Taman Wisata Perairan (TWP) Kepulauan Anambas melakukan Gerakan Bersih Pantai dan laut. Kegiatan ini dilaksanakan pada Rabu (12/6) di Pantai dan Laut Tanjung Momong, Tarempa. Selain untuk mengampanyekan Gerakan Bersih Pantai dan Laut, kegiatan ini juga bertujuan untuk mengajak seluruh peserta menyosialisasikan TWP Kepulauan Anambas kepada masyarakat luas.

Selain masyarakat sekitar Pantai dan Laut Tanjung Momong, kegiatan aksi bersih pantai dan laut ini juga melibatkan instansi dan stakeholder terkait seperti: Dinas Perikanan, Pertanian dan Pangan KKA; Lanal Tarempa; Dinas Perhubungan dan Lingkungan Hidup KKA; Satpol PP KKA; Polhut; Satwas PSDKP Tarempa; Wilker TWP Kepulauan Anambas; Karantina Anambas; Basarnas Anambas; Komunitas Napoleon Anambas Dive Center (NADC); Kompak Tujuh Bersudara Pesona Anambas (TBPA); Kompak PAPONA Dive; Komunitas KOMPAS; dan Penyuluh Perikanan.

Gerakan Aksi Bersih Pantai dan Laut merupakan serangkaian kegiatan dalam peringatan “Coral Triangle Day” yang ke-8 pada tanggal 9 Juni lalu. Kegiatan Gerakan Aksi Bersih Pantai dan Laut terdiri dari dua agenda yaitu bersih pantai/laut dan restorasi karang di sekitar Perairan Tanjung Momong.

Dalam Gerakan Aksi Bersih Pantai dan Laut, Wilker TWP Kepulauan Anambas menyosialisasikan potensi TWP Kepulauan Anambas dan memberikan gambaran ancaman serta dampak pencemaran sampah plastik bagi biota laut. Jenis-jenis sampah yang berhasil dipungut dalam pelaksanaan kegiatan ini antara lain sampah plastik, botol kaca, styrofoam, kaleng, seng, tali, dan lain-lain. Jumlah sampah yang berhasil dipungut saat Gerakan Aksi Bersih Pantai dan laut terdiri dari sampah pantai seberat 70 kg (campur) dan sampah laut seberat 40 kg (campur).

Selain Gerakan Aksi Bersih Sampah dan Laut, panitia juga mengajak peserta untuk melakukan penanaman karang sebagai bentuk kontribusi kepedulian terhadap ekosistem laut. Dari rangkaian kegiatan ini, diharapkan seluruh peserta dalam Gerakan Bersih Pantai dan Laut baik dari instansi pemerintah, komunitas, KOMPAK, dan masyarakat yang hadir dapat menginformasikan keberadaaan Taman Wisata Perairan (TWP) Kepuluan Anambas serta mengampanyekan Gerakan Cinta Laut di TWP Kepulauan Anambas. (LKKPN Pekanbaru/Humas DJPRL)

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?
  • Senang (100.0%)
  • Terhibur (0.0%)
  • Terinspirasi (0.0%)
  • Tidak Peduli (0.0%)
  • Terganggu (0.0%)
  • Takut (0.0%)
  • Marah (0.0%)
  • Sedih (0.0%)

Comments

comments