PENGHIJAUAN PANTAI PESSEL, DITANAMI 27.500 BIBIT VEGETASI

368
detikriau.org

PAINAN, HALUAN — Pantai dan muara Ampiang Parak Pesisir Selatan, dapat program penanaman vegetasi pantai berupa cemara laut dan mangrove. Cemara laut yang ditanam pada lahan 1,7 hektare itu berjumlah 2.500 batang. Sedangkan mangrove berjumlah 25.000 batang.

Kepala Dinas Kelautan dan Peri­kanan Pessel, Yozki Wandri Rabu (14/10) saat penanaman perdana vegetasi pantai di Amping Parak menyebutkan, program penghijauan pantai bersumber dari APBN 2015. Untuk Amping Parak dapat 27.500 bibit vegetasi pantai yang terdiri dari cemara laut dan mangrove.

“Kami meminta seluruh warga ikut men­jaga tanaman ini. Banyak manfaat yang akan diperoleh oleh masyarakat di si­ni, sekiranya tanaman ini tumbuh dan ter­pelihara. Misalnya kawasan ini akan ja­di indah dan juga akan membuat ikan se­nang untuk berkembang biak,” kata­nya.

Disebutkannya, di Pessel ada 15 hektare lahan yang akan dihijaukan. “Lahan tersebut adalah Pantai Ampiang Parak, Pantai Sungai Sirah, Pantai Sumedang dan Pantai Nyiur Melambai. Program tersebut telah memasuki tahap sosialisasi dengan memberdayakan kelompok masyarakat,” katanya.

Sebelumnya Pemuda Ampiang Pa­rak, Kecamatan Sutera telah pula melakukan penghijauan dan perawatan pantai de­ngan swadaya. Pantai se­panjang 1,7 kilometer yang berada di kawasan Pasar Ampiang Parak, selain sudah mulai berangsur hijau, ren­cananya juga diper­siapkan sebagai lokasi konservasi penyu.

Pantauan Haluan, pantai dengan panjang 2,5 km tersebut diapit oleh danau (muara yang sudah buntu) dengan luas 20 hektare. Namun dibandingkan enam bulan lalu, kondisi saat ini sudah jauh dari kesan gersang.

Sebelumnya, masyarakat sekitar kawasan pantai juga sudah menanam bibit ketapang. Saat ini, kawasan yang sudah berhasil ditanam bibit ketapang mencapai 500 meter. Seluruh tanaman pada areal 500 meter, itu telah dipagar dengan bahan-bahan yang diperoleh di kawasan terdekat. (h/har)

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?
  • Terhibur (0.0%)
  • Terinspirasi (0.0%)
  • Senang (0.0%)
  • Tidak Peduli (0.0%)
  • Terganggu (0.0%)
  • Takut (0.0%)
  • Marah (0.0%)
  • Sedih (0.0%)

Comments

comments