Pelayanan On The Spot Pendaftaran dan Penandaan Kapal Perikanan di PPN Sibolga

319
Kegiatan penandaan dan pendaftaran kapal perikannan di PPN Sibolga

KKPNews, Sibolga – Bertempat di Balai Pertemuan Nelayan, Pelabuhan Perikanan Nusantara (PPN) Sibolga mengadakan kegiatan pelayanan on the spot pendaftaran dan penandaan kapal perikanan, selama tiga hari, 7-9 Desember 2015. Kegiatan ini bertujuan untuk memfasilitasi pelaksanaan pendaftaran dan penandaan kapal perikanan khususnya untuk kapal-kapal yang berpelabuhan pangkalan di PPN Sibolga. Selain itu, juga untuk mengupayakan akselerasi penandaan kapal perikanan oleh pihak pemilik kapal.

Kegiatan ini dilakukan karena belum optimalnya pelaksanaan penandaan kapal oleh pemilik kapal dan kurangnya pemahaman terhadap fungsi pendaftaran dan penandaan kapal tersebut.

Acara ini dihadiri oleh 40 (empat puluh) yang terdiri dari pelaku usaha yang berdomisili di wilayah Sibolga dan Tapanuli Tengah, Kepala Kesatuan Penjaga Laut dan Pantai (KPLP) Sibolga, Syahbandar Sibolga, Kepala Dinas Kelautan Perikanan dan Peternakan Pemko Sibolga, Hendra Darmalius, M.Si, Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Tapanuli Tengah serta pegawai Pelabuhan Periknan Nusantara Sibolga dan Kasubdit Penandaan Kapal Perikanan Direktorat Kapal Perikanan dan Alat Penangkapan Ikan, Direktorat Jenderal Perikanan Tangkap, Siti Kamarijah.

Dalam sambutannya, Kepala PPN Sibolga, Henry M.Batubara mengatakan kegiatan ini sangat membantu para pengusaha dalam melakukan penandaan dan pendaftaran kapal. “Banyak dari mereka belum paham tentang fungsi pendaftaran dan penandaan ini,” ujarnya.

Kegiatan ini di respon positif oleh peserta dengan banyaknya pertanyaaan tentang sistem pendataan kapal. Dalam kesempatan tersebut, Siti Kamarijah menyampaikan paparannya terkait Kebijakan dan Program Pembangunan Kapal Perikanan dan Alat Penangkap Ikan serta terkait Sosialisasi Pendaftaran dan Penandaan Kapal Perikanan.

Selanjutnya, setelah sosialisasi pelayanan on the spot ini dilakukan, lima unit kapal perikanan yang sudah memiliki buku kapal perikanan dilakukan pemasangan tanda pengenal kapal.  (PPN Sibolga)

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?
  • Terhibur (0.0%)
  • Terinspirasi (0.0%)
  • Senang (0.0%)
  • Tidak Peduli (0.0%)
  • Terganggu (0.0%)
  • Takut (0.0%)
  • Marah (0.0%)
  • Sedih (0.0%)

Comments

comments