Optimalkan Penyelenggaraan Lelang di Tempat Pelelangan Ikan

1284
Petugas melakukan penyortiran ikan di tempat pelelangan ikan

KKPNews, Brondong – Dalam rangka peningkatan pelayanan kepada masyarakat nelayan terutama pengguna Tempat Pelelangan Ikan (TPI), Pelabuhan Perikanan Nusantara (PPN) Brondong menggelar pembinaan tentang penyelenggaraan lelang di KUD Mina Tani Brondong, Lamongan. Kepala PPN Brondong, Dedi Sutisna meminta TPI dapat dioptimalkan bagi stakeholders perikanan.

Nampak dalam cara tersebut Kepala PPN Brondong, Perum Perindo Brondong, Dinas Perikanan dan Kelautan Kab. Lamongan, KUD, Ketua HNSI, Ketua Rukun Nelayan Brondong, Blimbing dan Kandangsemangkon serta stakeholders perikanan terkait pelelangan ikan.

Dedi menyebutkan ada beberapa poin penting yang merupakan titik kritis dalam pelaksanaan pelelangan ikan. Dia meminta agar pihaknya bekerja sama dengan stakeholders perikanan untuk segera membenahi dan menindaklanjuti pentingnya menjaga mutu ikan saat pembongkaran ikan di dermaga. Selain itu dia juga mengatakan pentingnya sinkronisasi pendataan statistik ikan yang dibongkar antar instansi terkait, dari mulai jenis, volume dan harga ikan.

“Ini kaitannya dengan pentingnya rantai dingin, mulai dari ikan dibongkar di dermaga sampai dengan ikan ditimbang, dilelang, persiapan pengiriman atau pengepakan) sampai ke distribusi. Juga terkait dengan pentingnya penggunaan air laut bersih sebagai sarana pencucian ikan,” jelasnya.

Menurutnya, kurangnya kebershian menjadi faktor penghambat operasional TPI. Dia mengatakan masih ada boks ikan yang ditinggal di TPI dan masih ada kegiatan pemotongan kepala ikan yang dilakukan di hall TPI. Selain itu cara penanganan ikan saat pembongkaran di dermaga belum memenuhi standar dan penarikan retribusi TPI belum optimal. Hal ini dapat mengganggu kegiatan operasional pelelangan ikan.

Dalam pertemuan tersebut dibahas pula alur pelelangan ikan di TPI saat ini. Mulai ikan dibongkar dari kapal, ikan disortir, dicuci, ditimbang, dilelang, proses pembayaran, bukti pengeluaran ikan, proses pengepakan, persiapan pengiriman hingga distribusi.

Dedi meminta pihaknya dan stakeholders perikanan dapat bekerja sama agar kegiatan di TPI dapat lebih optimal. Pihaknya akan mencukupi sarana dan prasarana TPI yang meliputi selasar di dermaga, air bersih untuk pencucian ikan, tempat sortir yang memadai, perbaikan lokasi yang berlubang, penyediaan timbangan yang cukup, sanitasi dan kehigienisan di TPI harus ditingkatkan. (MJ)

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?
  • Terinspirasi (60.0%)
  • Tidak Peduli (40.0%)
  • Terhibur (0.0%)
  • Senang (0.0%)
  • Terganggu (0.0%)
  • Takut (0.0%)
  • Marah (0.0%)
  • Sedih (0.0%)

Comments

comments