Nyatakan Komitmen Anti Gratifikasi, Ditjen PDSPKP KKP Gelar Kampanye Publik

50
Dok. Humas PDSPKP

KKPNews, Jakarta – Presiden Republik Indonesia dalam arahannya pada Hari Anti Korupsi Sedunia 2018 mengatakan bahwa, “Jika sistem pelayanan publik yang dilaksanakan secara sederhana, cepat, dan transparan akan menekan praktik suap dan korupsi. Biasanya pelayanan publik yang ribet, bertele-tele, dan tidak transparan membuka peluang praktik suap dan korupsi”.

Melaksanakan amanat tersebut, Ditjen Penguatan Daya Saing Produk Kelautan dan Perikanan (PDSPKP) Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) sebagai salah satu unit kerja yang menyelenggarakan pelayanan publik berupaya terus meningkatkan kinerja pelayanan publik melalui penyempurnaan sistem pelayanan publik yang sederhana, cepat, terintegrasi, dan transparan, didukung oleh integritas dan profesionalisme Aparatur Sipil Negara (ASN).

Sehubungan dengan kebijakan penanganan dan pengendalian gratifikasi dalam pelayanan publik, Ditjen PDSPKP menggelar kampanye publik untuk komitmen penerapan pengendalian gratifikasi pada  Senin (2/9). Kegiatan diikuti oleh seluruh pejabat dan staf lingkup Ditjen PDSPKP serta beberapa stakeholders layanan publik bidang PDSPKP.

Kampanye publik ditandai dengan panandatangan pernyataan komitmen penerapan pengendalian gratifikasi oleh seluruh pejabat Eselon 2 lingkup Ditjen PDSPKP  yang disaksikan oleh perwakilan dari  Komisi Pemberantasan  Korupsi (KPK),   Inspektorat Pemprov DIY, Itjen KKP,   serta  peserta yang hadir.

Guna memberikan pemahaman lebih kepada peserta yang hadir  terkait dengan  gratifikasi,  disampaikan juga materi dimaksud  dengan narasumber  dari KPK, Erwin Noorman; Inspektorat Jenderal  Pemprov DIY, Dyah Sulistya; serta  Inspektur 5 KKP, Jayeng Catur P.  Dalam kesempatan tersebut, Erwin menjelaskan secara gamblang mengenai grafitasi, kriteria, sanksi, serta beberapa contoh kasus terkait gratifikasi.

Sekretaris Dirjen PDSPKP,  Berny A. Subki mengharapkan, kampanye publik ini bisa  menjadi momentum bagi Ditjen PDSPKP untuk menjadi institusi yang terus konsisten menjaga amanah publik dan memberikan pelayanan yang terbaik bagi masyarakat dengan membangun budaya transparansi, integritas, akuntabel, dan bebas dari korupsi. (Humas PDSPKP)

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?
  • Terhibur (0.0%)
  • Terinspirasi (0.0%)
  • Senang (0.0%)
  • Tidak Peduli (0.0%)
  • Terganggu (0.0%)
  • Takut (0.0%)
  • Marah (0.0%)
  • Sedih (0.0%)

Comments

comments