Nelayan Mukomuko Panen Ikan Gembolo

539

KKPNews, Bengkulu – Nelayan di Kecamatan Ipuh Kabupaten Mukomuko Provinsi Bengkulu sejak sebulan terakhir panen ikan gembolo yang laku dijual dengan harga Rp40.000 per kilogram.

“Nelayan di pantai Desa Pasar Ipuh ssudah sebulan ini panen ikan gembolo,” kata nelayan Desa Pasar Ipuh, Hamdani, di Mukomuko, Minggu (24/1).

Selain panen ikan gembolo, katanya lagi, nelayan di Pasar Ipuh juga panen ikan tenggiri. Namun selama musim ikan gembolo, ujarnya, harga ikan tersebut turun drastis dari sebesar Rp40.000 menjadi Rp25.000 hingga Rp30.000 per kilogram.

“Harga ikan tenggiri masih bertahan tinggi sebesar Rp30.000 per kilogram,” ujarnya pula. Ia mengatakan lagi, meskipun nelayan di wilayahnya banyak mendapatkan ikan gembolo, tetapi belum berpengaruh terhadap pendapatan nelayan.

Kabid Perikanan Tangkap Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Kabupaten Mukomuko, Rahmad Hidayat, minta nelayan menyimpan pendapatannya selama musim ikan.

Karena, katanya, musim ikan di daerah ini tidak lama sekitar dua bulan, mengingat perairan laut di wilayah itu hanya sebagai tempat persinggahan sementara ikan. Perairan di daerah ini bukan tempat ikan bersarang.

Rahmad menyarankan, nelayan setempat harus bisa menabung agar saat musim paceklik tetap mempunyai simpanan dana untuk dapat bertahan hidup.(MD)

Sumber : Antara

Comments

comments