Menteri Susi : Perbankan Punya Potensi Besar Dorong Pembangunan SKPT

200
Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti, menerima cinderamata dari Direktur Bank Mandiri Bapak Kartika Wirjoatmojo, setelah menjadi pembicara pada acara Board Forum Bank Syariah Mandiri, di Wisma Mandiri 1 Jakarta, Kamis (02/02). (dok.humas KKP / M. Iqbal Ibnu Syukur)

KKPNews, Jakarta – Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti menilai perbankan, terutama perbankan Badan Usaha Milik Negara (BUMN), dapat memaksimalkan pembangunan di Sentra Kelautan dan Perikanan Terpadu (SKPT). Hal tersebut disampaikan Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti saat menjadi pembicara pada acara Board Forum Bank Mandiri Group, di Plaza Mandiri Syariah Lt.11 Jakarta, Kamis (2/2).

“Kalau memang tertarik, perbankan juga bisa melirik potensi pasar di SKPT. Saat ini kami sedang membangun SKPT untuk mendorong pertumbuhan perikanan Indonesia”, ujar Susi.

Susi menilai, perbankan dapat membantu pendanaan pembangunan SKPT melalui pemberdayaan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) hingga revitalisasi pasar-pasar ikan yang terdapat di pulau-pulau kecil dan terluar. Selain itu, keberadaan perbankan di pulau-pulau kecil dan terluar, juga dinilai dapat menjadi fasilitator pembimbing bagi nelayan agar memiliki pengetahuan tentang perbankan (bankable).

“Perbankan juga bisa masuk di revitalisasi pasar-pasar ikan. Atau mungkin Bapak bisa bantu di sana itu untuk buka tabungan baru bagi nelayan. Jadi bisa sekalian mendampingi mereka kalau ada yang ingin mengajukan pinjaman”, imbuhnya.

Saat ini Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) terus menggalang kerja sama dengan perbankan hingga perusahaan luar negeri, guna mewujudkan pembangunan infrastruktur dan fasilitas lainnya. Hal itu dilakukan guna menyejahterakan masyarakat dalam rangka mempercepat pembangunan Sentra Kelautan dan Perikanan Terpadu (SKPT) di 15 lokasi di seluruh Indonesia.

Promosi dan sosialisasi ke semua pihak dalam rangka menarik investor guna menanamkan modalnya di pulau-pulau kecil dan kawasan perbatasan sudah dilakukan seiring dengan digelarnya Marine and Fisheries Business and Investment Forum yang diadakan sebulan sekali di Kantor KKP.

Diharapkan, dengan hadirnya perbankan dalam pembangunan SKPT dapat mendorong laju pertumbuhan ekonomi kelautan dan perikanan di pulau-pulau kecil dan terluar serta membentuk karakter Sumber Daya Manusia Kelautan dan Perikanan yang dinamis pada dunia perbankan. (MD/DS)

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?
  • Terhibur (0.0%)
  • Terinspirasi (0.0%)
  • Senang (0.0%)
  • Tidak Peduli (0.0%)
  • Terganggu (0.0%)
  • Takut (0.0%)
  • Marah (0.0%)
  • Sedih (0.0%)

Comments

comments