Menteri Susi Harus Temukan Alat Tangkap Pengganti Trawl

759

Kesatuan Nelayan Tradisional Indonesia (KNTI) mendesak, Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti untuk memperkuat inovasi iptek sebagai upaya menemukan alternatif terbaik alat tangkap ramah lingkungan dan ekonomis untuk nelayan.Pasalnya, akhir-akhir ini pembantu Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang nyentrik tersebut kembali mengancam resign sebagai orang nomor satu di Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) lantaran masih adanya penggunaan alat tangkap tidak ramah lingkungan seperti trawl (pukat atau jaring arad (mini trawl small bottom trawl).

“Yang perlu dilakukan sekarang adalah memperkuat inovasi iptek untuk terus menerus menemukan alternatif terbaik alat tangkap ramah libgkungan dan ekonomis untuk nelayan,” kata Ketua Dewan Pembina KNTI Riza Damanik kepada Okezone, Jakarta, Rabu (16/9/2015).

Untuk melarang para nelayan menggunakan alat tangkap perusak sumber daya laut, Menteri Susi Pudjiastuti tidak perlu membuat kebijakan kembali, lantaran kebijakan yang melarang penggunaan alat tangkap tidak ramah lingkungan sudah ada sedari dahulu.

Menurut Riza, Kementerian Kelautan dan Perikanan harus terus melakukan sosialisasi kepada masyarakat terutama para nelayan dan juga pelaku usaha perikanan mengenai pelarangan alat tangkap tidak ramah lingkungan tersebut.

“Karena saya dengar temuannya (alat tangkap ramah lingkungan) sudah cukup banyak dan tersebar di berbagai universitas di Indonesia. Tinggal bangun kerjasama dalam pemanfaatannya,” tambahnya.

Lanjut Riza, menata sekaligus membuat laut Indonesia menjadi aman serta memberikan manfaat sepenuhnya kepada nelayan tidak bisa hanya diurusi seorang diri oleh Menteri Susi Pudjiastuti.

“Perlu gotong-royong melibatkan nelayan sebagai penggerak dan pelaku utama ekonomi perikanan nasional,” tandasnya.

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?
  • Terhibur (0.0%)
  • Terinspirasi (0.0%)
  • Senang (0.0%)
  • Tidak Peduli (0.0%)
  • Terganggu (0.0%)
  • Takut (0.0%)
  • Marah (0.0%)
  • Sedih (0.0%)

Comments

comments