Menteri Susi Hadapi Kekritisan Reporter Cilik

327

KKPNews, Jakarta. Kediaman dinas Menteri Kelautan dan Perikanan, Susi Pudjiastuti tampak berbeda kemarin (4/11). Dua belas anak sekolah dasar memenuhi ruang tamunya. Wajah tegang sempat tampak di wajah mereka. Sosok yang ditunggu akhirnya tiba di ruang bernuansa hangat tersebut. Mereka duduk rapih di bangku yang disediakan mengelilingi pemimpin Kementerian Kelautan dan Perikanan tersebut.

Manteri Susi yang tampak santai hari itu mengenakan baju bermotif bunga berwana hitam putih dan celana panjang hitam. Wajahnya tersenyum menatap anak-anak yang tergabung dalam kelompok reporter cilik binaan media massa nasional. Sebelum memulai acara wawancara dengannya, Susi sebelumnya meminta maaf karena acara yang seharusnya diadakan di rumah harus berpindah ke kediamannya karena kondisi tubuhnnya yang sedang kelelahan.

“Maaf ya, kalian jadinya harus ke sini. Soalnya saya lagi kecapean,” ujar Susi, di Jakarta, Rabu (4/11).

Anak-anak yang berada dihadapannya hanya mengangguk dan tersenyum. Tak perlu waktu lama, seorang anak yang duduk di sebelah kanannya memulai acara dengan sesi perkenalan para reporter cilik.  “Perkenalkan Ibu, kami dari reporter cilik ingin mewawancarai ibu untuk penulisan buku masa depan. Apakah ibu berkenan?” tanyanya.

Menteri Susi pun tersenyum dan menyetujuinya. Acara tanya jawab pun di mulai dengan pertanyaan dari seorang anak bernama Aurel, “Apakah jadi menteri cita-cita Ibu sejak kecil?”

Menteri Sui yang mendengar pertanyaan tersebut hanya bisa tersenyum lebar. Tak lama ia mengatakan bahwa dirinya tidak terpikirkan menjadi menteri seperti sekarang ini. Dulu, lanjut Susi, dirinya justru berkeinginan menjadi seorang oseonologi seperti film “Man From Atlantis” yang pernah ditontonnya dulu.

“Kalian pasti belum pernah nonton film itu ya. Filmnya sudah nggak ada lagi. Karena film itu, Ibu ingin jadi peneliti. Ingin punya kapal selam sendiri dan penelitian soal laut. Tidak terpikirkan menjadi menteri,” tambahnya.

Pertanyaan selanjutnya dilontarkan dari anak bernama Abil yang mempertanyakan alasan Presiden Jokowi memilih dirinya sebagai menteri. Susi yang mendengar pertanyaan itu langsung menjawab supaya pertanyaan tersebut ditanyakan langsung kepada Presiden Republik Indonesia. Tawa kecil dari anak-anak itu keluar mendengar jawaban ibu dari tiga orang anak tersebut.

“Tapi kalau ibu pikir dari pembicaraan dengan belia, beliau ingin mencari yang pekerja keras. Dan mungkin dia melihat riwayat kerja ibu pernah di kelautan dan juga menjalankan perusahan di penerbangan. dan mungkin hal-hal baik lainnya. Saya nggak tahu juga, mungkin. Tapi yang pasti beliau mencari yang pekerja keras,” tambahnya.

Tak hanya itu saja, kelompok reporter cilik inipun menanyakan isu-isu kritis dan terbaru seputar Kelautan dan Perikanan yang beredar saat ini. Seperti penenggelaman kapal pencuri ikan, produksi ikan, program kementerian yang dipimpinnya dan juga isu pengunduran dirinya.

(RP/DS)

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?
  • Terhibur (0.0%)
  • Terinspirasi (0.0%)
  • Senang (0.0%)
  • Tidak Peduli (0.0%)
  • Terganggu (0.0%)
  • Takut (0.0%)
  • Marah (0.0%)
  • Sedih (0.0%)

Comments

comments