Masyarakat Basel Resmi Miliki Sentra Kuliner Ikan Batu Kapur

18
Peresmian Sentra Kuliner Ikan (Senkul) di Pantai Batu Kapur, Kelurahan Tanjung Ketapang, Kecamatan Toboali, Kabupaten Bangka Selatan, Provinsi Bangka Belitung pada Kamis (2/5). Dok. Humas PDSPKP

KKPNews, Jakarta – Masyarakat dan pengunjung dari luar kota akan lebih mudah untuk menikmati wisata kuliner di Kabupaten Bangka Selatan (Basel). Pasalnya, telah dilaksanakan peresmian  Sentra Kuliner Ikan (Senkul) di Pantai Batu Kapur, Kelurahan Tanjung Ketapang, Kecamatan Toboali, Kabupaten Bangka Selatan, Provinsi Bangka Belitung pada  Kamis (2/5). Peresmian dilakukan oleh Direktur Pemasaran Kementerian Kelautan dan Perikanan dan Sekretaris Daerah Kabupaten Basel, bebarengan dengan kampanye Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan (Gemarikan).

Senkul yang diresmikan ini merupakan bantuan dari Kementerian Kelautan dan Perikanan  Tahun 2018. Terdapat 10 kios yang terdiri dari 8 kios kuliner dan 2 kios untuk oleh-oleh khas daerah setempat.

Direktur Pemasaran, Machmud, dalam sambutannya mengatakan bahwa pembangunan sentra kuliner di Kabupaten Bangka Selatan merupakan salah satu program prioritas dari KKP yang bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui pemfasilitasan para pelaku usaha kuliner ikan, sekaligus untuk mendorong peningkatan konsumsi ikan masyarakat.

“Kita harapkan, keberadaan sentra kuliner  ini dapat meningkatkan perekonomian masyarakat dan meningkatkan konsumsi ikan masyarakat sehingga masyarakat Bangka Selatan  menjadi lebih sehat dan cerdas,” ujar Machmud.

Bupati Basel Justiar Noer melalui Plt. Sekda Agus Pratomo mengungkapkan, pemerintah daerah sangat bersyukur atas hadirnya sentra kuliner perikanan yang dibangun oleh KKP di Batu Kapur, Toboali. Pembangunan sentra kuliner perikanan ini diharapkan dapat lebih meningkatkan konsumsi ikan bagi masyarakat.

“Diharapkan juga dengan adanya sentra kuliner perikanan ini dapat memberikan kontribusi positif pertumbuhan ekonomi masyarakat. Selain itu, tentunya kehadiran sentra di objek pariwisata seperti ini patut menjadi contoh dan model untuk dikembangkan objek wisata lainnya, di Basel,” ungkap Agus.

Acara dilanjutkan dengan penyerahan Berita Acara Serah Terima bantuan pemerintah Tahun Anggaran 2018, kemudian penyerahan secara simbolis kunci sentra kuliner oleh Direktur Pemasaran  kepada pengelola. Terakhir, dilakukan pula penyerahan secara simbolis Kartu KUSUKA (Pelaku Usaha Kelautan dan Perikanan Elektronik) ke salah satu penerima.

Peresmian sentra kuliner didukung dengan kegiatan sosialisasi Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan (Gemarikan) yang diikuti oleh 50 anak SDN 8 Toboali, dongeng ikan, pelatihan pengolahan ikan oleh Asosiasi Chef Profesional, demo olahan ikan (baso ikan) oleh  Balai Besar Pengujian dan Penerapan Hasil Perikanan (BBP2HP) KKP,  dan pembagian doorprize Gemarikan. (Humas PDSPKP)

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?
  • Terhibur (0.0%)
  • Terinspirasi (0.0%)
  • Senang (0.0%)
  • Tidak Peduli (0.0%)
  • Terganggu (0.0%)
  • Takut (0.0%)
  • Marah (0.0%)
  • Sedih (0.0%)

Comments

comments