Manfaat Besar Ikan Cucut Untuk Kesehatan Manusia

4097
www.antarasumbar.com

TRIBUNJABAR.CO.ID – Sudah akrab dengan manfaat ikan cucut? Yups, ikan cucut yang diambil dari nama latin yaitu Rhizoprionodon acutus yang merupakan jenis elasmobranchii.

Selain termasuk pada jenis ikan bertulang rawan, ikan ini mempunyai bentuk tubuh pipih atau ramping. Penyebaran ikan yang mempunyai kerangka tulang rawan ini berada hampir diseluruh diperairan Indonesia.

Namun penangkapan ikan cucut ini masih terbatas pada jenis ikan cucut dasar dan hanya sebagai pelengkap tangkapan ikan laut jenis tuna.

Mengenai ukuran tubuh, ikan cucut merupakan salah satu spesies ikan yang mempunyai ukuran yang berbeda sesuai genus yang dimiliki.

Tertanya tak banyak orang yang mengetahui bahwa ikan cucut memiliki banyak manfaat bagi kelangsungan hidup manusia.

Lalu apa saja manfaat ikan cucut untuk manusia?
Dikuti dari manfaat.co.id pemanfaatan ikan cucut ini dapat dilakukan secara menyeluruh dengan sebagian besar organ yang terdapat pada tubuh ikan cucut.

Hal ini tentu berbanding terbalik dengan pemanfaatan pada jenis ikan lainnya. ikan cucut ini merupakan ikan yang kaya akan manfaat karena pada daging, kulit,hati bahkan organ dalam dari ikan cucut dapat dimanfaatkan oleh manusia untuk berbagai kepentingan.

Dari beragam organ tersebut, bagian yang paling mengandung nilai ekonomis tinggi yakni hati dan sirip ikan cucut. Bahkan banyak nelayan membuang daging ikan cucut yang telah diambil sirip dan hatinya kelaut.

Kandungan Gizi Ikan Cucut
Seperti yang kita ketahui bahwa berbagai jenis ikan mempunyai kandungan protein dan omega 3 yang sangat bagi dalam menunjang kesehatan manusia.
Gizi yang terdapat didalamnya dapat diserap oleh tubuh setelah kita menngkonsumsinya. Komposisi kimia yang terdapat pada ikan cucut sangat bergantung dari jenis dan variasi spesies yang kita konsumsi.
Berikut kandungan nutrisi atau gizi Ikan Cucut dengan takaran 100 gr :
1. Jumlah Kandungan Air Daging Ikan Cucut = 73,6 gr
2. Jumlah Kandungan Protein Daging Ikan Cucut = 21,7 gr
3. Jumlah Kandungan Mineral Daging Ikan Cucut = 1,2 gr

Daging ikan itu sendiri merupakan asupan nutrisi bagi tubuh yang tersusuun oleh beragam zat yang bermanfaat dalam mengoptimalkan masa pertumbuhan maupun menjaga kualitas kesehatan tubuh manusia.

Berikut penjabaran manfaat ikan cucut menurut organ tubuh yang dimiliki :

1. Manfaat Hati Ikan Cucut
Jika dilihat dari segi komersial dan tingginya nilai ekonomi pada suatu barang maka hati ikan cucut merupakan piranti utama dari beberapa organ tubuh seperti daging, kerangka tulang, kulit bahkan bagian organ dalamnya sekalipun.
Hal ini disebabkan karena ikan cucut mempunyai kandungan minyak yang tinggi akan vitamin A dan kandungan skualen yang dapat dimanfaatkan untuk berbagai bidang seperti kesehatan yang dijadikan sebagai obat penyakit tertentu dan bidang kecantikan pada suatu produk kosmetik seperti manfaat daging keong, dan manfaat ikan betutu yang juga bisa bermanfaat bagi kesehatan manusia.

Berikut Cara Mengolahnya:

  1. Tentukan berat hati cucut yang akan diambil minyaknya
  2. Masukkan ke dalam wadah dan bubuhka air sebanyak 10% berat hati
  3. Didihkan selama 20 menit sambil diaduk terus menerus
  4. Setelah selesai didihkan, peraslah hati tersebut hingga keluar minyaknya dan cuci dengan larutan garam 5% yang dipanaskan
  5. Saringlah minyak yang dibebaskan selama dididihkan dan minyak hasil perasan. Pisahkan minyak hati ini dari air dan bahan lainnya dengan menggunakan centrifuge pada 4.000 putaran per menit
  6. Bubuhkan NaOH 10% yang jumlahnya ditentukan berdasarkan hasil analisa angka asam
  7. Biarkan beberapa hari dan kemudian piasahkan minyak dari sabun yang terbentuk karena pemberian NaOH dengan menggunakan centrifuge pada 4.000 putaran permenit, selama 15 menit
  8. Simpanlah minyak yang dihasilkan dalam ruang dingin dan buanglah stearin yang terbentuk.

2. Manfaat Sirip Ikan Cucut
Sirip yang terdapat pada ikan cucut merupakan organ yang dapat mempunyai nilai ekonomis tinggi. Harganya yang cukup mahal menjadikan sirip ikan cucut rentan dieksploitasi secara berlebihan guna memenuhi keperluan dan kebutuhan manusia.

Dari segi kuliner sirip ikan cucut diolah menjadi serat-serat yang nantinya dijadikan campuran sup yang mempunyai nilai jual tinggi dan sangat di gemari oleh para wisata kuliner yang selalu ingin mencicipi sirip ikan cucut. Dan tidak kalah nikmat dengan manfaat sirip hiu yang menjadi wisata kuliner juga, namun tidak semua orang menggemari wisata kuliner ini.

3. Manfaat Daging Ikan Cucut
Jika pada umumnya, daging merupakan organ atau bagian tubuh ikan yang paling diutamakan maka pada ikan cucut ini justru dagingnya kurang diminati. Masyarakat pada umumnya akan memilik ikan tuna yang mengandung protein tinggi daripada daging ikan cucut.

Meskipun begitu, penelitian telah membuktikan bahwa protein yang terkandung pada daging ikan cucut juga baik bagi tubuh jika dikonsumsi dengan benar. Serta memperhatikan paparan merkuri yang kemungkinan dapat menjadikan ikan cucut ini tidak boleh dikonsumsi.

Namun berbeda dengan manfaat daging lindung danmanfaat ikan hiubagi kesehatan manusia, Daging dari ikan tersebut tidak terlalu membahayakan bagi kesehtaan tubuh manusia.

4. Manfaat Kulit Ikan Cucut
Ikan cucut tidak mempunyai sisik pipih berjajar seperti ikan jenis lain, namun kulit yang dimiliki ikan ini justru dapat dimanfaatkan dalam pembuatan aksesoris.

Tekstur kulit ikan cucut mempunyai kemiripan dengan tekstur kulit hewan ternak. Untuk itu, kulit ikan cucut dapat dijadikan untuk aksesoris yang menggunakan kulit sebagai bahan utamanya seperti sepatu, tas, dan jaket kulit.

Dan banyak para peminat aksesoris untuk mencari tahu dari bahan kulit ikan cucut sehingga banyak juga penggemar kulit ikan cucut yang dijadikan sebagai bahan aksesoris. Nah, Itulah Tribunners beberapa manfaat dari ikan cucut, Selamat Mencoba. (*)

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?
  • Terinspirasi (50.0%)
  • Terganggu (50.0%)
  • Takut (0.0%)
  • Senang (0.0%)
  • Terhibur (0.0%)
  • Tidak Peduli (0.0%)
  • Sedih (0.0%)
  • Marah (0.0%)

Comments

comments