Lebaran Ikan, KKP Bagikan Ikan Segar Plus Sembako

19
KKP bagikan paket lebaran ikan

KKPNews, Jakarta – Tak hanya opor ayam dan rendang, beragam jenis olahan ikan pun patut dijadikan sebagai menu utama saat merayakan lebaran bersama keluarga. Selain nikmat, mengonsumsi ikan memiliki banyak keistimewaan bagi kesehatan tubuh.

Ikan mengandung protein yang cukup tinggi, seperti asam amino, yang berfungsi untuk memaksimalkan fungsi tubuh serta dapat mempercepat perbaikan dan pertumbuhan sel-sel baru.

Di samping itu, ikan juga sarat akan asam lemak esensial omega-3 yang merupakan jenis lemak tak jenuh yang baik bila dikonsumsi secara rutin. Kandungan lemak jenuh dan kolesterol di dalam ikan juga tergolong sangat rendah dibandingkan daging ayam atau sapi.

Lebar ikan

Menteri Kelautan dan Perikanan, Edhy Prabowo, pun menginisiasi kegiatan sosial bertajuk ‘Lebaran Ikan’ dengan melibatkan unit pelaksana teknis (UPT) Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP)  di seluruh Indonesia. Dengan membagikan ribuan produk ikan segar, seberat 3 kg per paket, Badan Riset dan Sumber Daya Manusia Kelautan dan Perikanan (BRSDM) turut berpartisipasi pada kegiatan Lebaran Ikan ini.

Disampaikan Plt. Sekretaris BRSDM, Maman Hermawan, kegiatan ini tak hanya mewujudkan kesadaran masyarakat untuk meningkatkan konsumsi ikan tapi juga menunjukkan bahwa masyarakat dapat merasakan produk perikanan hadir di tengah-tengah keterbatasan ekonomi akibat pandemi Covid-19,  untuk memenuhi kebutuhan harian.

“Kegiatan ini diharapkan dapat membawa semangat dan optimisme baru khususnya pada masyarakat kelautan dan perikanan. Karena tidak hanya membantu pada masyarakat yang membutuhkan, kegiatan ini juga meningkatkan perekonomian pembudidaya perikanan yang produk perikanannya kami beli untuk dibagikan kepada sesama,” papar Maman.

Lebar ikann

Beragam jenis ikan segar yang dibagikan oleh seluruh satuan kerja lingkup BRSDM, yakni ikan lele, ikan mas, ikan nila, ikan tongkol, ikan kembung dan beragam jenis ikan lainnya.

Seperti di Sukamandi, pegawai BRSDM membagikan 77 paket Lebaran Ikan bagi 44 kaum dhuafa dan 33 anak yatim di sekitar Patok Beusi, berisikan ikan nila merah segar hasil dari Sentra Budidaya Kolam Arus Deras Cijambe, Subang.

Di Bitung, juga terlaksana pembagian 30 Paket Lebaran Ikan dan 70 Paket Sembako di Kelurahan Tandurusa serta 40 Paket Sembako untuk Pantai Asuhan Muhammadiyah.

Tak hanya membagikan paket ikan segar, BRSDM juga menyalurkan ribuan paket donasi yang akan dibagikan kepada masyarakat nelayan di Banten, Bali, Sumatra Utara, Kepulauan Riau, Kalimantan Barat, Kalimantan Utara, Maluku, serta Papua Barat.

Donasi mulai disalurkan pada 21 Mei 2020 dan ditargetkan selesai pada pertengahan Juni 2020. Pasalnya, sejak masalah pandemi Covid-19 merebak, rata-rata pendapatan nelayan diprediksi mengalami penurunan dibandingkan perolehan mereka saat kondisi masih normal.

“Ikan tangkapan mereka tidak terserap di pasar. Akhirnya harus rela dijual di bawah harga normal. BRSDM berupaya keras untuk ikut mendorong produktivitas nelayan melalui penyediaan data-data kelautan yang bisa dimanfaatkan oleh nelayan,” tutur Maman.

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?
  • Senang (100.0%)
  • Terhibur (0.0%)
  • Terinspirasi (0.0%)
  • Tidak Peduli (0.0%)
  • Terganggu (0.0%)
  • Takut (0.0%)
  • Marah (0.0%)
  • Sedih (0.0%)

Comments

comments