KKP Tindak Lanjuti Hasil Pengawasan dan Pemeriksaan BPK-RI

26
Ilustrasi . Dok. Republika
KKPNews, Jakarta – Dalam rangka optimalisasi capaian tindak lanjut hasil pengawasan Itjen KKP dan hasil pengawasan BPK-RI, Itjen KKP secara aktif melaksanakan pemantauan tindak lanjut. Dalam bulan Februari ini, beberapa kegiatan pemantauan tindak lanjut yang telah dan akan dilakukan, di antaranya:
  1. Inspektorat III Melaksanakan Pemantauan Tindak Lanjut Hasil Pengawasan Itjen pada Sekretariat Ditjen Perikanan Budidaya dan Direktorat Pakan dan Obat Ikan, Ditjen Perikanan Budidaya.
  2. Inspektorat II Melaksanakan Pemantauan Tindak Lanjut Hasil Pengawasan BPK RI Tahun 2016 – 2017 dan Itjen KKP Tahun 2018 pada Direktorat Jenderal Pengawasa
  3. Sumber Daya Kelautan dan Perikanan
  4. Inspektorat II Melaksanakan Pemantauan Tindak Lanjut Hasil Pengawasan BPK RI Tahun 2016 – 2017 dan Itjen KKP Tahun 2018 pada Sekretariat Ditjen Perikanan Tangkap, Direktorat Pengelolaan Sumber Daya Ikan dan Direktorat Perizinan dan Kenelayanan.
  5. Inspektorat II Melaksanakan Pemantauan Tindak Lanjut Hasil Pengawasan BPK RI Tahun 2016 – 2017 dan Itjen KKP Tahun 2018 pada Direktorat Kapal dan Alat Penangkapan Ikan dan Direktorat Pelabuhan Perikanan.

Kegiatan pemantauan tindak lanjut tersebut secara khusus bertujuan antara lain: 1) melakukan rekonsiliasi data dan informasi pemantauan tindak lanjut temuan BPK-RI dan temuan Itjen KKP, antara Itjen KKP dengan Satker terkait, 2) menilai kecukupan dan validitas bukti tindak lanjut yang disampaikan (antara lain: surat teguran/sanksi, setoran ke kas negara, dsb), apabila ada, dan 3) memberikan/menetapkan status penyelesaian tindak lanjut temuan Itjen KKP (dengan status: Tuntas, Proses, atau Belum Ditindaklanjuti), serta mengkonsolidasikan tindak lanjut temuan BPK-RI untuk dikoordinasikan lebih lanjut pada saat Pemutakhiran Data dengan BPK-RI.

Tindak lanjut tidak sekedar sebagai wujud kepatuhan terhadap peraturan perundang-undangan, namun yang lebih penting lagi adalah sebagai bentuk upaya peningkatan kinerja auditan yang menindaklanjuti. Hal tersebut dikarenakan, rekomendasi/saran yang diberikan dalam LHP adalah untuk perbaikan atas kelemahan manajemen maupun untuk peningkatan kinerja satker terkait. Sehingga dengan demikian, ada korelasi antara pelaksanaan tindak lanjut dengan peningkatan kinerja yang diharapkan. (Humas Itjen)

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?
  • Terhibur (0.0%)
  • Terinspirasi (0.0%)
  • Senang (0.0%)
  • Tidak Peduli (0.0%)
  • Terganggu (0.0%)
  • Takut (0.0%)
  • Marah (0.0%)
  • Sedih (0.0%)

Comments

comments