KKP Serahkan Bantuan untuk Pembudidaya Pasangkayu Sulbar

36
Menteri Edhy menyerahkan bantuan untuk pembudidaya

KKPNews, Pasangkayu- Menteri Kelautan dan Perikanan, Edhy Prabowo melanjutkan lawatannya ke Provinsi Sulawesi Barat, Selasa (9/6/2020). Setelah menyapa para nelayan di Kepulauan Bala Balakang, Mamuju Utara, kali ini Menteri Edhy menemui kelompok pembudidaya di Kabupaten Pasangkayu.

Didampingi Bupati Pasangkayu, Agus Ambo Djiwa serta anggota Komisi IV DPR, Suhardi Duka, Menteri Edhy menyerahkan bantuan 250.000 benih bandeng dan 1,5 ton pakan ikan serta pinjaman senilai Rp3,3 miliar untuk kelompok pembudidaya.

Menteri Edhy juga menyerahkan 1.000 ekor calon indukan ikan sidat dan bantuan klaim asuransi pembudidaya ikan kecil seluas 40.000 m2 dan bantuan premi 107 asuransi pembudidaya ikan kecil dari Kabupaten Mamuju. Kemudian 1,2 juta benih bandeng dan benur udang windu juga diserahkan untuk para pembudidaya.

“Di sini dulu pernah pak Presiden resmikan di daerah Tike dan beliau minta untuk Pasangkayu dioptimalkan. Ini salah satu komitmen yang kita lakukan atas perintah beliau,” kata Menteri Edhy di kawasan Randomayang, Pasangkayu.

Melalui sinergitas pemerintah pusat dan daerah, Menteri Edhy optimis sektor budidaya perikanan di Pasangkayu bisa maju. Terlebih pemerintah daerah juga telah menyediakan ruang untuk pengembangan budidaya udang berkelanjutan.

“Saya sangat yakin Pasangkayu akan leading di sektor budidaya khususnya udang,” tegasnya.

Sementara anggota Komisi IV DPR, Suhardi Duka memastikan dukungannya untuk program-program Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) di Sulbar. Bahkan dia mengimbau para pemerintah daerah di Sulbar agar memiliki komitmen mengembangkan sektor kelautan dan perikanan.

“Kami Komisi IV prinsipnya supported baik dalam sisi anggaran dan program. Saya berharap kepada seluruh pemda, apapun kepentingan pemda kalau diajukan ke pak Menteri (Kelautan dan Perikanan) akan direspon dengan baik,” kata Suhardi.

Usai penyerahan bantuan, Menteri Edhy melakukan penandatanganan prasati peresmian tambak di PT Randomayang Tambak Lestari dan meninjau panen udang vaname di PT Manakara Sakti Abadi yang terletak di Desa Sarjo, Pasangkayu. Selanjutnya melakukan peninjauan percontohan tambak udang berkelanjutan atau sustainability, traceability, technology (STT) Sarjo binaan BLUPPB Karawang.

Selama lawatan di Pasangkayu, Menteri Edhy ditemani oleh Dirjen Perikanan Budidaya Slamet Soebjakto, Dirjen Perikanan Tangkap Zulficar Mochtar, Dirjen Pengawasan Sumber Daya Kelautan dan Perikanan TB Haeru Rahayu dan Dirjen Pengelolaan Ruang Laut Aryo Hanggono.

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?
  • Terhibur (0.0%)
  • Terinspirasi (0.0%)
  • Senang (0.0%)
  • Tidak Peduli (0.0%)
  • Terganggu (0.0%)
  • Takut (0.0%)
  • Marah (0.0%)
  • Sedih (0.0%)

Comments

comments