KKP Perkuat Pengawasan Pengelolaan Wilayah Pesisir dan Pulau-pulau Kecil

383

KKPNews, Lido- Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) bekerja sama dengan Kepolisian Republik Indonesia kembali melatih pegawai negeri sipil menjadi Pengawas Pengelolaan Wilayah Pesisir dan pulau-pulau kecil dengan Kewenangan Kepolisian Khusus (Polisi Khusus PWP3K), Selasa (15/3).

Sebagaimana kita ketahui bersama, Negara Indonesia merupakan negara dengan jumlah kepulauan terbesar dan memiliki sumber daya laut yang berlimpah maka potensi pengrusakan lingkukan serta ekosistem laut juga sangat besar. Oleh karena itu, pemerintah dan masyarakat wajib menjaga ekosistem dan pengelolaan sumber daya laut secara bertanggung jawab dan berkelanjutan.

Pembentukan Pulsus PWP3K ini merupakan tindak lanjut atas permasalahan yang dihadapi terkait pengrusakan dan pengelolaan yang tidak bertanggung jawab serta untuk mengawal Undang-Undang nomor 27 tahun 2007 tentang Pengelolaan Wilayah pesisir dan pulau-pulau kecil.

Dalam sambutannya Kepala Kepolisian SPN Polda Metro jaya, Kombes Ruslan Efendi menyampaiakan dari seluruh pelatihan dan peningkatan kompetensi yang terlaksana di SPN Polda Metro Jaya baik dari Swasta maupun Instansi pemerintah, hanya Kementerian Kelautan dan Perikanan saja yang pelaksanaan pelatihannya lebih lama yaitu 2 bulan. “Ini artinya KKP meberikan dukungan penuh dalan pelatihan tersebut, sehingga diharapkan kedepannya menjadi pengawas yang profesional serta dapat dengan baik menjaga ekosistem dan sumberdaya laut di wilayah pesisir dan pulau-pulai kecil di seluruh nusantara.” tegasnya.

Ruslan menambahkan, pelaksanaan Pelatihan ini digelar selama empat bulan terbagi ke dalam dua gelombang dengan jumlah peserta sebanyak 100 personil yang terdiri dari pegawai KKP, Dinas Kelautan dan Perikanan tingkat Provinsi hingga tingkat kabupaten kota.

“Polsus KKP nantinya diberi tugas dan tanggung jawab mampu menangkal, menangkap, menyelidiki, serta membuat laporan kejadian atas setiap kegiatan yang ditanganinya, yang terpenting harus mempunyai karakter”, tutup Ruslan.

Seratus personil tersebut akan memperkuat pengawasan pengelolaan wilayah pesisir dan pulau-pulau kecil di Indonesia. (Hms)

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?
  • Senang (60.0%)
  • Tidak Peduli (40.0%)
  • Terhibur (0.0%)
  • Terinspirasi (0.0%)
  • Terganggu (0.0%)
  • Takut (0.0%)
  • Marah (0.0%)
  • Sedih (0.0%)

Comments

comments