KKP Gencarkan Fasilitasi Akses Pembiayaan bagi Pembudidaya Ikan: Program CSR & PKBL BUMN

254
Panen budidaya udang vaname di Desa Alas Buluh Kecamatan Wongsorejo, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur, Sabtu (9/9). Dok. Humas KKP/Ade Fitria Nola

KKPNews, Bogor – Untuk mendorong perkembangan pelaku usaha budidaya skala mikro dan kecil, selain mendorong akses permodalan dari perbankan, Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) melalui Direktorat Jenderal Perikanan Budidaya (DJPB) juga mengoptimalkan dukungan dari program Corporate Social Responsibility (CSR) maupun Program Kemitraan Bina Lingkungan (PKBL).

Untuk itu, KKP bekerja sama dengan Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) guna mendorong perusahaan BUMN untuk menyalurkan program CSR maupun PKBL ke sektor perikanan budidaya. Di antaranya yang sudah terjalin yaitu kerja sama dengan PT Pelni (Persero) dan Bank Mandiri.

Melalui kerja sama ini, sejak tahun 2016 telah berhasil disalurkan dana melalui Program Kemitraan/PKBL sebesar Rp480 juta untuk 9 orang pembudidaya di Kabupaten Indramayu. Kerjasama ini berlanjut pada tahun 2017 dan telah tersalurkan dana sebesar Rp1,4 miliar untuk 38 orang pembudidaya ikan di Kabupaten Pemalang dan Demak.

Di tahun 2018, KKP akan terus melanjutkan kerjasama dengan PT Pelni. Diharapkan lebih banyak kabupaten yang bisa terjangkau, di 9 Provinsi dan 38 Kabupaten/Kota. Pemilihan Kabupaten/Kota tersebut antara lain berdasarkan Sertifikat Sehatkan yang telah dimiliki.

Sedangkan dengan Bank Mandiri, kerja sama dilakukan dalam bentuk pemanfaatan program CSR, di antaranya untuk pengembangan tambak rintisan program perhutanan sosial di Desa Pantai Bakti Kecamatan Muara Gembong Kabupaten Bekasi yang belum lama ini diresmikan oleh Presiden Jokowi. (Humas DJPB/AFN)

Baca juga:

KKP Gencarkan Fasilitasi Akses Pembiayaan bagi Pembudidaya Ikan: Pemanfaatan Kredit Usaha Rakyat

KKP Gencarkan Fasilitasi Akses Pembiayaan bagi Pembudidaya Ikan: Pra-Sehatkan

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?
  • Terinspirasi (100.0%)
  • Terhibur (0.0%)
  • Senang (0.0%)
  • Tidak Peduli (0.0%)
  • Terganggu (0.0%)
  • Takut (0.0%)
  • Marah (0.0%)
  • Sedih (0.0%)

Comments

comments