KKP Gandeng Pertamina Bantu Masyarakat Pesisir Terdampak Covid-19

35
KKP menggandeng Pertamian untuk membantu warga pesisir Indramayu

KKPNews, Jakarta – Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) melalui Direktorat Jenderal Pengelolaan Ruang Laut (Ditjen PRL) menggandeng PT. Pertamina Persero (CSR Pertamina Peduli) untuk membantu meringankan beban masyarakat pesisir terdampak pandemi Covid-19.

Hal itu diwujudkan dengan menyalurkan 300 paket sembako kepada masyarakat pesisir yang meliputi nelayan, petambak garam dan masyarakat pengelola wisata bahari.

Sembako yang diserahkan langsung oleh Dirjen PRL Aryo Hanggono kepada perwakilan kelompok masyarakat pesisir Kabupaten Indramayu, Kabupaten Cirebon, dan Kabupaten Karawang berjumlah masing-masing 100 paket. Penyerahan bantuan dilaksanakan dengan tetap mengacu pada protokol pencegahan Covid-19.

“Bantuan tersebut merupakan bentuk kepedulian Menteri Kelautan dan Perikanan bersama Pertamina kepada masyarakat pesisir, sekaligus mendekatkan KKP dengan mereka selaku garda terdepan dalam pemenuhan kebutuhan pangan baik ikan, garam maupun kegiatan wisata bahari yang juga menjadi kebutuhan penting masyarakat,” ujar Aryo.

“Setelah Indramayu dan Cirebon, selanjutnya kami akan sampaikan untuk masyarakat pesisir di Karawang,” lanjut Aryo.

Pertaminan

Khaeri selaku Ketua Kelompok Tirta Segara Babajaring V Kecamatan Kandanghaur, Indramayu mengungkapkan rasa terima kasihnya. “Kami selaku nelayan sangat terbantu dan berterima kasih kepada Pak Menteri dengan bantuan ini, apalagi saat ini mendekati hari raya Idul Fitri, tentu ini menjadi kebahagiaan keluarga kami,” ungkapnya.

Hal senada juga dirasakan oleh perwakilan petambak garam, di antaranya koperasi garam Mina Babajaring Mulya, koperasi garam Mutiara Samudera, dan koperasi Bintang HTM Sejahtera.

Bantuan paket sembako juga disalurkan di Kecamatan Mundu, Kabupaten Cirebon, Jawa Barat secara simbolis kepada kelompok pengelola wisata bahari yang disaksikan oleh perwakilan Dinas Kelautan dan Perikanan serta anggota DPRD setempat. Bantuan tersebut selanjutnya diteruskan kepada para pengelola wisata bahari, nelayan, dan pelaku usaha perikanan lainnya.

Lebih jauh, Direktur Jasa Kelautan Miftahul Huda menyampaikan bahwa KKP tengah menyiapkan stimulus ekonomi dalam rangka percepatan penanganan dampak Covid-19 untuk masyarakat kelautan dan perikanan mulai dari nelayan, pembudidaya ikan, petambak garam dan pengolah/pemasar hasil perikanan.

“Bantuan untuk petambak garam nantinya berupa dukungan kegiatan padat karya tunai, pengurangan beban transportasi, hingga sarana dan prasarana seperti gudang garam rakyat, tunel garam high grade, hingga penyediaan washing plant yang diperlukan untuk meningkatkan kualitas garam. Diharapkan, dengan stimulus tersebut, perekonomian masyarakat pesisir akan cepat pulih,” ujar Huda.

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?
  • Senang (100.0%)
  • Terhibur (0.0%)
  • Terinspirasi (0.0%)
  • Tidak Peduli (0.0%)
  • Terganggu (0.0%)
  • Takut (0.0%)
  • Marah (0.0%)
  • Sedih (0.0%)

Comments

comments