Pelaku UMKM Perikanan Cirebon Didorong untuk Go Online

39
Dok. Humas PDSPKP

KKPNews, Cirebon – Sebanyak 50 pelaku UMKM Produk Perikanan di wilayah Kabupaten Cirebon mengikuti workhsop yang dilaksanakan Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) terkait “Strategi Penguatan UMKM Produk Perikanan Menghadapi Era Revolusi Industri 4.0”. Hadir pakar-pakar bisnis start-up dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Aksi Nusantara, Bandros dan Bukalapak sebagai narasumber guna memperkaya pengetahuan para pelaku usaha perikanan pada kegiatan ini.

Sebagaimana diketahui, berbagai start upyang memberikan kemudahan akses tengah berkembang pesat saat ini. Platform start-up ini dapat dimanfaatkan oleh pelaku UMKM produk perikanan untuk memasarkan produknya melalui online. Meskipun begitu, saat ini baru sedikit pelaku UMKM perikanan yang  memanfaatkan platofrm online. Di sisi lainnya, beberapa UMKM yang telah memanfaatkan platoform start up online tersebut juga belum sepenuhnya berhasil dalam bisnisnya. Kendala yang dihadapi UMKM adalah kurangnya kualitas produk yang dipasarkan, kemasan dan penyajian foto produk yang kurang menarik serta kurangnya inovasi produk.

Sekretaris Direktorat Jenderal Penguatan Daya Saing Produk Kelautan dan Perikanan, Berny A. Subki menyampaikan bahwa para narasumber yang didatangkan akan membagi ilmu dan membimbing para peserta tentang tips dan trik tentang cara meningkatkan nilai ekonomi produknya menjadi produk yang kreatif, pola pikir seorang wirausahawan, cara membuka toko online dan mengelolanya, serta cara terbaik untuk mendistribusikan barang.

“Ada segmen pasar yang sangat besar dan dapat dimanfaatkan melalui pasar online, tinggal bagaimana mengemas dan membuat produk produk yang menarik dengan sasaran generasi milenial,” tambah Berny.

Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Cirebo, Ita Ropitasari dalam sambutannya menyampaikan tentang potensi dan pembangunan ekonomi berbasis perikanan di Kabupaten Cirebon. Selain dikenal sebagai kota udang, Cirebon saat ini menjadi pengekspor rajungan nomor satu se-Jawa Barat.  Tak lupa,  Ita secara khusus berpesan kepada para  peserta  agar dapat  memanfaatkan workshop ini sebagai sarana untuk menambah pengetahuan yang dapat digunakan untuk mengembangkan usahanya sehingga dapat mengekspor produk ke luar negeri serta produknya dikenal masyarakat luas. (Humas PDSPKP)

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?
  • Terhibur (0.0%)
  • Terinspirasi (0.0%)
  • Senang (0.0%)
  • Tidak Peduli (0.0%)
  • Terganggu (0.0%)
  • Takut (0.0%)
  • Marah (0.0%)
  • Sedih (0.0%)

Comments

comments