KKP Berikan Bantuan KOMPAK kepada Masyarakat di Sorong Selatan

74
Dok. Humas DJPRL

KKPNews, Sorong Selatan – Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) melalui Loka Pengelolaan Sumberdaya Pesisir dan Laut (LPSPL) Sorong menyerahkan bantuan pemerintah berupa sarana pengawasan sumberdaya pesisir dan laut kepada kelompok masyarakat (POKMAS) Kenaburi dari Kampung Tarof, Kokoda-Sorong Selatan  pada Selasa (18/6). Bertempat di Aula Dinas Perikanan Kabupaten Sorong Selatan, turut hadir Bupati Sorong Selatan, Wakil Bupati Sorong Selatan, WWF, USAID Sea Project, Kepala Dinas Perikanan, dan pimpinan OPD lainnya dalam kegiatan ini.

Penyerahan bantuan pemerintah berupa 1 unit body longboat, 1 unit motor tempel 15 PK, 10 life jacket, 5 senter, 2 teropong, 1 kamera underwater, dan 4 handy talky dilakukan langsung oleh Kepala Loka PSPL Sorong dan diterima secara simbolis oleh Bupati Sorong Selatan. Bantuan pemerintah ini akan digunakan oleh POKMAS Kenaburi untuk mendukung kegiatan mereka melaksanakan aktivitas pengawasan berbasis masyarakat dalam rangka menjaga wilayah perairan di sekitar Kampung Tarof dari berbagai praktik destructive fishing.

Dalam sambutannya pada kegiatan serah terima Bantuan Pemerintah Kelompok Masyarakat Penggerak Konservasi (KOMPAK), Bupati Sorong Selatan menyampaikan rasa terima kasih dan memberikan apresiasi terhadap Kementerian Kelautan dan Perikanan yang sudah sangat peduli dengan adanya pemberian bantuan yang diberikan kepada Kelompok Masyarakat. Selanjutnya, Kepala LPSPL Sorong yang mengimbau kepada seluruh lapisan masyarakat untuk tidak lagi menggunakan material berbahan utama plastic, khususnya untuk pemakaian air mineral dengan botol plastik dan kemasan berbahan plastik.

Untuk memastikan bantuan dalam kondisi baik, kegiatan dilanjutkan dengan uji coba peralatan termasuk uji coba operasional longboat yang terbuat dari fiber di perairan yang berada di sekitar Kantor Dinas Perikanan Sorong Selatan dan dioperasikan oleh masyarakat setempat. Rangkaian acara penyerahan bantuan kompak yang dimulai pukul 13.30 WIT dan berakhir pada pukul 15.30 WIT.

Pemberian Bantuan Pemerintah KOMPAK merupakan bentuk apresiasi Kementerian Kelautan dan Perikanan kepada POKMAS yang telah melakukan upaya-upaya konservasi atau mendukung kegiatan pengawasan terhadap sumberdaya pesisir dan laut demi mempertahankan kelestariannya. Dengan adanya Penyaluran bantuan seperti ini, diharapkan POKMAS Kenaburi semakin giat mendukung upaya konservasi dan melaksanakan fungsi pengawasan berbasis masyarakat.

Pemberian bantuan KOMPAK dilakukan melalui beberapa tahapan, antara lain identifikasi kelompok, penyusunan dan pengusulan proposal, penyediaan dan penyaluran bantuan, pelaporan serta monitoring dan evaluasi. Kelompok masyarakat calon penerima bantuan dipersayaratkan telah ditetapkan secara legal melalui SK Kepala Dinas KP Kab/Kota atau Provinsi atau melalui SK Bupati/Walikota atau Gubenur. Jenis bantuan yang diusulkan melalui proposal mengacu pada Peraturan Dirjen Pengelolaan Ruang Laut Nomor 4/PER-DJPRL/2019 tentang Petunjuk Teknis Penyaluran Bantuan Pemerintah Berupa Bantuan Konservasi tahun 2019.

Penyaluran bantuan pemerintah KOMPAK juga sudah dilakukan pada tahun-tahun sebelumnya dan respon kelompok masyarakat terhadap bantuan ini pun sangat baik. Terbukti dari bantuan kepada kelompok masyarakat Tugulufa di Tidore, telah tertanam 490 bibit terumbu karang semenjak bantuan sarana dan prasarana konservasi diberikan. Hal ini perlu di pertahankan untuk menunjukkan bahwa Kementerian Kelautan dan Perikanan peduli terhadap kelompok masyarakat independen agar mereka semakin giat untuk melakukan dan mendukung pelaksanaan konservasi sumberdaya pesisir dan laut. (LPSPL Sorong/Humas DJPRL)

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?
  • Terhibur (0.0%)
  • Terinspirasi (0.0%)
  • Senang (0.0%)
  • Tidak Peduli (0.0%)
  • Terganggu (0.0%)
  • Takut (0.0%)
  • Marah (0.0%)
  • Sedih (0.0%)

Comments

comments