KKP Amankan 20 Kg Kuda Laut Kering

1385

KKPNews, Batam – Kementerian Kelautan dan Perikanan melalui Badan Karantina Ikan Pengendalian Mutu dan Keamanan Hasil Perikanan (BKIPM) Batam mengamankan 20 Kg Kuda Laut Kering yang berasal dari Tanjung Pinang di Bandara Hang Nadim Batam.

“Kuda Laut Kering yang akan dikirim ke Jakarta tersebut dikemas dan dimasukkan ke dalam koper”, jelas Kepala BKIPM Batam, Ashari Syarief di Batam (18/4).

Selanjutnya Ashari menjelaskan, berawal dari laporan dari petugas Bea Cukai Bandara Hang Nadim yang mencurigai koper seorang warga negara Mesir pada saat melalui mesin X-ray. Petugas Bea Cukai melakukan pemeriksaan terhadap pembawa koper tersebut dan ditemukan 4 Kg kuda laut kering dalam koper.

Selanjutnya BKIPM Batam, Bea Cukai dan Security Bandara Hang Nadim berkoordinasi untuk memeriksa warga negara Mesir tersebut. Dari hasil pemeriksaan, didapat informasi mengenai satu lagi warga negara Mesir yang membawa kuda laut kering.

Setelah dilakukan pencarian sampai keluar area bandara, akhirnya warga negara Mesir yang dimaksud ditemukan. Dalam koper yang dibawanya ditemukan pula kuda laut kering yang disamarkan dengan mie instan dan beberapa makanan ringan lainnya. Total jumlah kuda laut kering yang diamankan dari 2 orang warga negara Mesir tersebut mencapai 20 kg.

Setelah selesai dilakukan pemeriksaan, para pelaku yang tidak melaporkan komoditas perikanan yang dibawanya tersebut diperbolehkan untuk melanjutkan perjalanan. Akan tetapi 20 Kg kuda laut kering ditahan dan disimpan di kantor BKIPM Batam untuk selanjutnya dilakukan koordinasi dengan BKSDA dan PSDKP Batam.

Pelaku melanggar beberapa peraturan yaitu pasal 6 UU No. 16 Tahun 1992 tentang Karantina Hewan, Ikan dan Tumbuhan; pasal 3 PP No.15 Tahun 2002 tentang Karantina Ikan; dan pasal 2 Permen KP No.PER.20/MEN/2007 tentang Tindakan Karantina untuk Pemasukan Media Pembawa Hama dan Penyakit Ikan karantina Dari Luar Negeri Dan Dari Suatu Area Ke Area  lain Di Dalam Wilayah Republik Indonesia. (HUMBKIPM/MD)

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?
  • Terinspirasi (42.9%)
  • Senang (28.6%)
  • Sedih (14.3%)
  • Terhibur (14.3%)
  • Terganggu (0.0%)
  • Takut (0.0%)
  • Marah (0.0%)
  • Tidak Peduli (0.0%)

Comments

comments