KKP Ajak Generasi Milenial Nias Makan Ikan Agar Sehat dan Cerdas

37
Dok. Humas KKP

KKPNews, Nias Selatan – Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) melalui Direktorat Jenderal Penguatan Daya Saing Produk Kelautan dan Perikanan (PDSPKP) menyelenggarakan ‘Safari Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan (Gemarikan)’ untuk membangun masyarakat Indonesia yang lebih sehat, kuat, dan cerdas.

Bertepatan dengan Sail Nias dan Baksos Kapal Surya Baskara Jaya tahun 2019, Safari Gemarikan diselenggarakan di 3 lokasi yaitu Kota Gunung Sitoli (12/9), Nias Utara (13/9), dan Nias Selatan (12-14/9) yang dalam pelaksanaannya didukung oleh Dinas Kelautan dan Perikanan dan Dinas Pendidikan setempat.

Materi Safari Gemarikan pada Sail Nias 2019 ini menitikberatkan kepada edukasi manfaat ikan bagi kesehatan dan pertumbuhan generasi milenial Nias. Hasil yang diharapkan adalah para milenial Nias akan lebih mengenal dan mencintai ikan sebagai sumber gizi dan protein dalam asupan konsumsi sehari-hari.

Selama kegiatan berlangsung, antusiasme peserta sangat tinggi, seiring materi yang disampaikan melalui fun education, Gemarikan-games, lomba cerdas cermat, kreativitas lagu, dan permainan menarik lainnya.  Para peserta mendapatkan hadiah yang menarik dan edukatif ketika berhasil menjawab atau menyelesaikan permainan dengan baik, sehingga semua peserta bergembira dalam mengikutinya.

Selain hadiah, para peserta mendapatkan bingkisan Gemarikan yang berisi olahan inovasi (biskuit ikan), tumbler, dan kaos Gemarikan. Masing-masing lokasi Gemarikan mendapatkan 100 Paket/bingkisan Gemarikan, sehingga total paket yang diberikan pada acara Safari Gemarikan Nias sebanyak 300 paket.

Peserta didik yang terdiri dari pembina (Pemda, Kepala Sekolah, dan Guru Pendamping), serta masyarakat lainnya menyambut baik kegiatan ini. Ke depan mereka berharap agar kegiatan serupa dapat dilakukan dengan skala yang lebih besar dan melibatkan lebih banyak peserta.

Direktur Jenderal PDSPKP Agus Suherman mengatakan, Pulau Nias memiliki sumber daya ikan yang melimpah dan beragam di antaranya tuna, kakap, gambolo, dencis, salam, lobster, udang, kerapu, cakalang, dan rumput laut. “Semestinya sumber daya ini dapat menjadi sumber protein hewani utama bagi masyarakat Nias, khususnya pada 1.000 Hari Pertama Kehidupan (HPK) dan bagi anak-anak yang masih berada dalam masa pertumbuhan,” ujarnya.

Ia menambahkan, kegiatan Gemarikan ini telah dilakukan KKP sejak tahun 2004. Pelaksanaan pada 2019 ini diprioritaskan bagi anak sekolah melalui program fish for school, ibu hamil dan ibu menyusui melalui program fish for baby, dan remaja melalui program fish for millennial. Untuk program fish for baby, upaya ini sejalan dan mendukung dengan program nasional untuk penanganan stunting.

“Pada tahun 2019, KKP menargetkan rata-rata konsumsi ikan nasional mencapai 54,49 kg per kapita, naik dibandingkan tahun sebelumnya yaitu sebesar 50,69 kg per kapita,” jelas Agus.

Menurutnya, di Kepulauan Nias capaian konsumsi ikan pada tahun 2018 termasuk tinggi dan di atas rata-rata nasional, seperti Kabupaten Nias Utara sebesar 52,92 kg per kapita per tahun, Kabupaten Nias Selatan 69,94 kg per kapita per tahun, dan Kota Gunung Sitoli 58,36 kg per kapita per tahun. Tingginya angka capaian tersebut dapat menjadi modal awal bagi masyarakat Kepulauan Nias untuk lebih meningkatkan ragam dan nilai tambah produk perikanan sebagaimana tuntutan konsumsi generasi milenial saat ini.

Dalam rangka Sail Nias tahun ini, KKP juga berpartisipasi dalam pameran Wonderful Nias Expo 2019 di Lapangan Ororusa, Kabupaten Nias Selatan pada tanggal 12-14 September 2019 dengan mengisi 10 booth yang diikuti oleh 6 Unit Eselon 1 Teknis, yaitu DJPDSPKP (sebagai koordinator), DJPT, DJPB, DJPRL, BRSDM, dan BKIPM.   Ditjen PDSPKP  menempati 4 booth untuk memberikan materi edukasi kandungan gizi dan manfaat ikan yang dikemas melalui games Gemarikan, gerak dan lagu Gemarikan, klinik mutu (edukasi mutu ikan), dan demo olahan ikan (kaki naga dan pilus ikan).

Kerja sama yang baik dalam pengelolaan acara selama pameran tersebut yang membuahkan hasil dengan besarnya jumlah dan antusiasme pengunjung dalam setiap rangkaian acara yang diselenggarakan. Akhirnya KKP mendapatkan penghargaan juara 1 terbaik dalam Wonderful Nias Expo 2019.

“KKP akan secara masif, kontinu, dan terintegrasi serta melakukan berbagai inovasi dan kerja sama dalam melaksanakan upaya meningkatkan animo masyarakat Indonesia untuk mengkonsumsi ikan dalam asupan gizi sehari-harinya, khususnya bagi generasi milenial,” pungkas Agus. (Humas PDSPKP/AFN)

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?
  • Terhibur (0.0%)
  • Terinspirasi (0.0%)
  • Senang (0.0%)
  • Tidak Peduli (0.0%)
  • Terganggu (0.0%)
  • Takut (0.0%)
  • Marah (0.0%)
  • Sedih (0.0%)

Comments

comments