Ikan Berkepala Buaya Hebohkan Warga Singkawang Kalbar

66
Ilustrasi

Singkawang – Warga Jalan Tani, Gang Kelapa Dua, Kelurahan Kuala, Kecamatan Singkawang Barat, Kalimantan Barat (Kalbar) dikejutkan dengan penemuan seekor ikan yang memiliki kepala seperti buaya, Minggu (27/1). Ikan tersebut ditemukan Pasukan Kuning Singkawang saat tengah membersihkan saluran air di sekitar lokas.

“Sewaktu pembersihan parit sedang berjalan, anak buah saya melihat ada seekor ikan sedang berenang. Tetapi, sewaktu mau ditangkap, ikan tersebut sempat lari,” tutur Kepala UPT Pengelolaan Sampah Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Singkawang, Rustam Effendy, Minggu (27/1).

Meskipun sempat lari kian kemari, akhirnya ikan berkepala aneh tersebut berhasil ditangkap. “Anehnya, sewaktu ditetak pakai parang, badan ikan tersebut tidak apa-apa, bahkan sisiknya pun tidak tergores sama sekali, keras kulitnya,” tuturnya sebagaimana dilansir dari Antara.

Ikan tersebut selanjutnya diamankan agar tidak membahayakan lingkungan.

Ikan berkepala aneh tersebut diduga ikan jenis predator yang berasal dari perairan tropis Amerika Serikat yang termasuk dalam ikan invasif dan berbahaya. Jika dibiarkan, ikan ini dapat menghabiskan spesies ikan lokal lainnya karena rakus dan memakan segala.

Belakangan di Indonesia memang beredar beberapa jenis ikan invasif seperti Arapaima gigas dan Alligator gar. Ikanyang ditemukan ini diduga salah satu dari dua jenis ikan berbahaya tersebut.

Sebelumnya, Kepala Badan Karantina Ikan, Pengendalian Mutu dan Keamanan Hasil Perikanan (BKIPM) Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) Rina pernah menyatakan, penyebaran jenis ikan ini ada pada daerah iklim tropis, di antaranya Indonesia, Australia bagian utara, Papua Nugini, dan Amerika Selatan.

Dengan demikian, potensi penyebaran secara alami di Indonesia cukup tinggi karena Indonesia memiliki iklim yang hampir sama dengan habitat aslinya. (Humas BKIPM)

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?
  • Senang (100.0%)
  • Terhibur (0.0%)
  • Terinspirasi (0.0%)
  • Tidak Peduli (0.0%)
  • Terganggu (0.0%)
  • Takut (0.0%)
  • Marah (0.0%)
  • Sedih (0.0%)

Comments

comments