Hindari Mabuk Laut dengan Cara Ini

471
Ilustrasi mabuk

WASHINGTON — Sebagian besar orang merasakan sensai paling ekstrem ketika berlayar menggunakan perahu atau sampan di laut. Ini jelas berbeda rasanya dibandingkan Anda naik kapal pesiar atau kapal besar yang tidak terlalu merasakan gelombang laut.

Pernahkah Anda merasakan mabuk laut? Gejalanya mual, muntah, pusing, berkeringat, dan kelelahan. Mabuk laut bisa diatasi dengan beberapa langkah berikut, dilansir dari Symptomfind, Jumat (17/1).

1. Duduk di bagian tertentu
Salah satu cara paling efektif mengobati atau mencegah mabuk laut adalah duduk di bagian tertentu dari perahu yang Anda tumpangi. Banyak orang menemukan fakta bahwa duduk di geladak perahu lebih membantu sebab Anda akan mendapatkan udara segar yang membantu mengurangi mual.

Mata Anda juga bisa lebih fokus di cakrawala untuk memberikan rasa yang lebih baik. Selalu pastikan untuk menghadap ke depan jika Anda menumpangi sebuah perahu. Jangan duduk menghadap ke belakang atau ke samping sebab itu bisa memperburuk gejala mabuk.

2. Tekanan pada titik tertentu tubuh
Banyak orang percaya bahwa menempatkan barang yang bersifat menjepit pada bagian-bagian tertentu tubuh Anda bisa mengurangi gejala mabuk laut. Misalnya, ada gelang ketat yang bisa dipakai di pergelangan tangan Anda, atau mengencangkan ikat pinggang. Meski demikian, belum ada studi konklusif tentang efektivitas gelang ini.

3. Makan makanan tepat
Mengonsumsi makanan berminyak atau pedas bisa memperburuk mabuk laut. Hindari juga mengonsumsi alkohol karena ini memperburuk keseimbangan tubuh Anda. Sebaiknya Anda memakan kerupuk atau minuman cincau dan agar-agar yang berguna untuk mengurangi rasa mual.

4. Hindari kegiatan tertentu
Selain minum dan makan yang benar, ada beberapa kegiatan yang sebaiknya Anda hindari ketika menumpangi sebuah kapal, misalnya merokok atau duduk di dekat perokok. Anda juga harus menjauh dari orang lain yang sedang mengalami gejala mabuk karena mendengarkan reaksi sakit mereka ketika mabuk, atau melihat muntahan mereka akan mereaksi Anda melakukan hal yan sama.

5. Konsumsi obat antimabuk
Obat-obatan over trade counter (OTC) yang berkhasiat mengatasi mabuk bisa membantu mengurangi gejala mabuk laut. Namun, obat ini setidaknya harus Anda konsumsi 30-60 menit sebelum Anda melakukan perjalanan berperahu.

Sumber: Republika

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?
  • Terhibur (0.0%)
  • Terinspirasi (0.0%)
  • Senang (0.0%)
  • Tidak Peduli (0.0%)
  • Terganggu (0.0%)
  • Takut (0.0%)
  • Marah (0.0%)
  • Sedih (0.0%)

Comments

comments