Hilirisasi Hasil Riset Unggulan KKP Untuk Kesejahteraan Masyarakat

40
Ikan Gurami Hibrida Unggul hasil persilangan ikan gurami betina Majalngka dan gurami jantan Jambi.

KKPNews, Subang – Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) melalui Balai Riset Pemuliaan Ikan (BRPI) terus mengembangkan produk hasil riset dan inovasi yang bersifat potensial guna meningkatkan hilirisasi riset untuk kesejahteraan masyarakat.

BRPI merupakan salah satu unit kerja teknis dibawah Badan Riset dan Sumber Daya Manusia Kelautan dan Perikanan (BRSDM) KKP yang berlokasi di Sukamandi, Subang – Jawa Barat.

Salah satu produk unggulan dari BRPI yang potensial meningkatkan produksi ikan gurami di Kabupaten Banyumas (sentra utama produsen gurami) adalah ikan gurami Hibrida Unggul hasil persilangan ikan gurami betina Majalengka dan gurami jantan Jambi (gurami BIMA).

Terkait hal tersebut, BRPI menyerahkan benih ikan gurami Hibrida Unggul kepada Pokdakan Mina Usaha Desa Karangsalam Kidul, Purwokerto, Banyumas. Kegiatan ini merupakan tindak lanjut dari kolaborasi BRPI dengan Dinas Perikanan dan
Peternakan Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah dalam pengembangan Desa Inovasi Gurami Unggul Hasil Pemuliaan, sejak Maret 2020.

“Pengiriman ikan gurami Hibrida Unggul sebanyak 500 ekor dengan rerata bobot 150 gram per ekor ini merupakan tahap awal untuk riset pengembangan di Kabupaten Banyumas berbasis produk ikan gurami unggul untuk mendorong terwujudnya kawasan atau desa gurami Hibrida Unggul di Kabupaten Banyumas,” tutur Kepala BRPI, Joni Haryadi, di Sukamandi, Minggu (21/6).

Serah terima benih ikan gurami Hibrida Unggul diwakili oleh teknisi gurami BRPI dengan Kusnan sebagai ketua Pokdakan dan disaksikan oleh Dinas Perikanan dan Peternakan Kabupaten Banyumas.

Dengan kehadiran ikan gurami Hibrida Unggul hasil pemuliaan di Kabupaten Banyumas, diharapkan mampu berkontribusi secara nyata dalam pengembangan ikan gurami unggul di masyarakat, dengan mempersingkat waktu pemeliharaan budidaya ikan gurami dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat secara ekonomi seiring bertambahnya income yang didapatkan.

Koordinator Penelitian Pemuliaan komoditas Ikan Gurami BRPI, Sularto, menuturkan bahwa observasi kegiatan dan pendampingan teknologi serta konsultasi pembudidaya ikan gurami Hibrida Unggul di Banyumas selanjutnya akan dilakukan secara daring serta pendampingan langsung dari penyuluh perikanan, sehingga dapat terpantau perkembangannya dengan tetap mengikuti protokol pencegahan Covid-19.

BRPI pun terus berupaya untuk berkontribusi secara nyata dalam penanganan dampak pandemi ini dengan tetap menjaga prinsip-prinsip pencegahan penularan dan penyebaran COVID 19.

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?
  • Senang (100.0%)
  • Terhibur (0.0%)
  • Terinspirasi (0.0%)
  • Tidak Peduli (0.0%)
  • Terganggu (0.0%)
  • Takut (0.0%)
  • Marah (0.0%)
  • Sedih (0.0%)

Comments

comments