Hadiri Gelar Makan Ikan Bersama, Menteri Susi Targetkan Konsumsi Ikan 50Kg/Kapita Hingga 2019

130
dok.humas KKP / Handika Rizki Rahardwipa

KKPNews, Jakarta – Menteri Kelautan dan Perikanan (KKP) RI Ibu Susi Pudjiastuti didampingi oleh Wakil Kepala Staf Angkatan Laut (Wakasal) A. Taufiq R., menghadiri gelar makan ikan serentak dalam rangka Hari Ulang Tahun HUT Ke-71 Yayasan Hang Tuah (YHT) tahun 2018 pada Kamis (11/01) di SMK Hang Tuah 1, Komplek TNI AL, Jalan Tabah Raya, Kelapa Gading, Jakarta Utara.

Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti sangat mengapresiasi terhadap kinerja personel TNI Angkatan Laut dan para isteri TNI Angkatan Laut (Jalasenastri) yang telah membangun yayasan, membuat pendidikan untuk para anak-anak generasi penerus bangsa yang akan datang.

“Kita memerlukan nutrisi dan IQ yang baik dengan memulai kebiasaan yang baik yaitu makan ikan, karena kandungan nutrisinya jauh lebih sehat dibanding jenis protein hewani lainnya, dan juga perlu diketahui komponen TNI Angkatan Laut, Polri dan seluruh pemerintah terus menjaga dan membudidayakan kelestarian hewan laut agar dapat dikonsumsi bersama minimal semingu dua kali”, ujarnya.

Lebih lanjut Menteri Susi mengungkapkan, KKP akan terus mengkampanyekan gerakan makan ikan. Menteri Susi menilai, banyak orang pintar karena memiliki kebiasaan konsumsi ikan sejak dini. “Makan ikan itu memang kampanyenya KKP. Jadi kita itu harus makan ikan. Ini kan supaya anak-anak Indonesia lebih pintar-pintar. Ikan itu terbukti sangat menyehatkan. Omeganya sangat bagus untuk pertumbuhan otak, tertutama untuk anak-anak yang sedang tumbuh besar,” ungkapnya.

Menyadari pentingnya konsumsi ikan, Menteri Susi pun meningkatkan angka konsumsi ikan. “Kita ingin menargetkan program pemerintah supaya masyarakat Indonesia makan ikan minimal 50 kilogram di tahun 2019. Tahun ini (2018 –red) kita target 46 kg. Kemarin (2017) sudah mencapai 43 kg,” lanjutnya.

Ketua Umum (Ketum) Jalasenastri Ny. Endah Ade Supandi selaku Ketua Pembina Yayasan Hang Tuah yang dibacakan oleh Ketua Daerah Jalasenastri Armada Barat (DJAB) Ny. Dian Aan Kurnia selaku Pengawas Daerah Barat Yayasan Hang Tuah mengatakan bahwa Yayasan Hang Tuah terus mendukung dan mensukseskan program-program Pemerintah yang menjadikan Indonesia sebagai poros maritim dunia.

“Saya mengucapkan terima kasih banyak kepada Bapak Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Ade Supandi S.E., M.A.P., yang telah mendukung program ini. Kepada Menteri KKP RI Ibu Susi Pudjiastuti dan Komandan Lantamal V atas dukungan penyediaan ikan, sehingga acara ini dapat terlaksana dengan baik, sukses dan lancar, demikian juga kepada semua pihak dan segenap stakeholder yang telah memberikan dukungan materiil dan im-materiil dalam mensukseskan kegiatan ini”,ungkapnya.

Kegiatan tersebut ditandai dengan pemukulan gong oleh Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti ini dipusatkan di Jakarta dan Surabaya. Untuk wilayah Timur Surabaya dihadiri oleh Ketua Umum Jalasenastri Ny. Endah Ade Supandi yang juga sebagai Ketua Pembina Yayasan Hang Tuah serta pengurus-pengurus cabang Yayasan Hang Tuah yang berada di daerah dengan 38 wilayah satuan pendidikan di bawah keberadaan Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Lantamal) maupun lingkungan Pangkalan TNI Angkatan Laut (Lanal) yang tersebar di wilayah Indonesia dengan menggunakan sarana Video Teleconference. Pada akhir kegiatan tersebut dimeriahkan dengan penampilan tarian adat Siswa meliputi persembahan Tari Balet dari Siswa SD P HT 6, Tari Ronggeng Nyentrik dari Siswa SD P HT 7 dan Tari Kipah Sikarang dari Siswa SMK HT 1.

Turut hadir dalam kegiatan makan ikan serentak keluarga besar Yayasan Hang Tuah Asisten Pembinaan Potensi Maritim (Aspotmar) Kasal Meyjen TNI (Mar) Gatot Triswanto, Panglima Komando Armada RI Kawasan Barat (Pangarmabar) Laksamana Muda TNI Aan Kurnia, S.Sos., Dirjen Penguatan Daya Saing Produk Kelautan dan Perikanan, Direktorat Pemasaran, Kasub Direktorat Promosi, Kepala Dinas Pembinaan Potensi Maritim (Kadispotmar) Mabesal Brigjen TNI (Mar) I Ketut Suarya, Dinas Pendidikan TNI Angkatan Laut (Kadisdikal) Laksma TNI Manahan Simorangkir, S.E., M.Sc., Komandan Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Danlantamal) III Jakarta Laksamana Pertama (Laksma) TNI Muchammad Richad, S.H., M.M., Anggota Pengawas Cabang Jakarta Yayasan Hang Tuah, Jalasenastri Pengurus Pusat, Daerah Barat dan Korcab Jakarta serta para Kasatdik Cabang Jakarta Yayasan Hang Tuah. (MD)

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?
  • Terhibur (0.0%)
  • Terinspirasi (0.0%)
  • Senang (0.0%)
  • Tidak Peduli (0.0%)
  • Terganggu (0.0%)
  • Takut (0.0%)
  • Marah (0.0%)
  • Sedih (0.0%)

Comments

comments