DPK Optimalkan Pemasaran Produksi Perikanan

243
beritadaerah.co.id

(PAMEKASAN) – Dinas Perikanan dan Kelautan (DPK) Pamekasan terlibat aktif dalam pameran pembangunan guna memperingati Hari Jadi Pamekasan ke-485, 25–28 Oktober 2015 di area Monumen Arek Lancor. Sebagai peserta pameran, DPK dimasukkan dalam ketagori Kampung Majangan (nelayan) bersama Dispenda, Sekkab, BPPKB, Kecamatan Pademawu, dan Kecamatan Tlanakan. DPK menjadi koordinator sebagai SKPD yang bersinggungan langsung dengan nelayan.

Kepala DPK Nurul Widiastuti menegaskan, konsep stand Kampung Majangan dibuat sedemikian rupa dengan mengusung tema “Rumah Nelayan Tempo Dulu”. Bangunannya dikemas dalam wujud maskot dan pintu gerbang serta surau untuk cangkruan para tamu maupun masyarakat. Sehingga, masyakarat seolah-olah dibawa nuansa kampung nelayan yang sesungguhnya.

Dalam kesempatan itu, DPK juga menampilkan produk-produk unggulan olahan hasil perikanan dan kelautan dengan kemasan yang menarik. Sehingga, diharapkan dapat bersaing dengan produk-produk lainnya.

Hal itu mendapat respon positif dari Bupati Achmad Syafii beserta Ibu Anni Syafii beserta para Muspida yang mendampingi. Mereka tampak sangat antusias memperhatikan produk-produk yang ditampilkan maupun mendengarkan penjelasan Kepala DPK Nurul Widiastuti.

Ditegaskan, komitmen DPK Pamekasan dalam meningkatkan promosi produk unggulan perikanan dan kelautan, juga ditunjukkan dengan upaya meningkatkan konsumsi makan ikan yang telah masuk dalam 9 daftar bahan pokok makanan yang harus tersedia. Itu berdasarkan Peraturan Presiden Nomor 71 Tahun 2015 tentang Penetapan dan Penyimpanan Harga Kebutuhan Pokok dan Barang Penting.

Salah satu upaya yang dilakukan DPK Pamekasan ialah dengan menyosialisasikan Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan (Gemarikan) yang diadakan setiap tahun sejak tahun 2013. Diharapkan, dengan peningkatan konsumsi makan masyakarat Pamekasan, permintaan produksi perikanan dan kelautan juga meningkat, sehingga dapat menguatkan pendapatan masyarakat.

Kegiatan Gemarikan terbaru diadakan pada 17 September 2015 di Dusun Lan Pelan, Kecamatan Waru, Pamekasan bersamaan dengan Program Bupati Mengajak Bangun Desa (Bunga Bangsa) yang diprioritaskan untuk wilayah terpencil dan tertinggal.

Acara sosialisasi tersebut dihadiri langsung oleh Ibu Anni Syafii selaku Ketua Forikan (Forum Peningkatan Konsumsi Makan Ikan) Kabupaten Pamekasan. Pembentukan Forikan sendiri digagas oleh Ibu Gubernur Jatim Soekarwo berdasarkan Keputusan Menteri Kelautan dan Perikanan RI Nomor KEP 29/MEN/2010 tentang Forum Peningkatan Konsumsi Ikan Nasional. (adv/nam)

Sumber: KORANKABAR.COM

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?
  • Terhibur (0.0%)
  • Terinspirasi (0.0%)
  • Senang (0.0%)
  • Tidak Peduli (0.0%)
  • Terganggu (0.0%)
  • Takut (0.0%)
  • Marah (0.0%)
  • Sedih (0.0%)

Comments

comments