Dorong Ekspor Rumput Laut Nunukan, Eksportir Upayakan Sertifikasi HACCP dan SKP

40
Dok. Humas BKIPM

KKPNews, Nunukan – Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Provinsi Kalimantan Utara (Kaltara) akan segera mengeluarkan rekomendasi penerbitan Sertifikat Kelayakan Pengolahan (SKP) bagi PT Sebatik Jaya Mandiri (SJM). Hal ini menyusul inspeksi dan pemantauan yang telah dilakukan terhadap Gudang SRG Mansapa yang menjadi tempat penyimpanan rumput laut milik PT SJM. Demikian disampaikan Kepala Seksi Fasilitasi Ekspor-Impor Dinas Perdagangan Nunukan, Saparuddin usai mendampingi tim inspeksi Provinsi Kaltara beberapa waktu lalu.

Saparuddin menyebut, wewenang penerbitan SKP ada pada Direktorat Jenderal Penguatan Daya Saing Produk Kelautan dan Perikanan (PDSPKP) Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP). Dalam hal ini, provinsi dapat menerbitkan surat rekomendasi.

Perlu diketahui, SKP ini merupakan salah satu syarat penerbitan sertifikat Hazard Analysis Critical Control Point (HACCP) yang dikeluarkan Badan Karantina Ikan Pengendalian Mutu dan Keamanan Hasil Perikanan (BKIPM) KKP. Sertifikat HACCP ini merupakan jaminan mutu dengan kesadaran untuk melakukan pengendalian atau kontrol terhadap hazard (bahaya-bahaya) pada produk kelautan dan perikanan.

Sertifikat HACCP ini dapat menjadi bukti jaminan kualitas produk kelautan dan perikanan yang akan diekspor mulai dari proses penangkapan hingga pengolahan.

“Insya Allah, setelah semua persyaratan teknis terpenuhi dan dokumen dinyatakan lengkap, kami kembali akan melakukan ekspor rumput laut usai lebaran,” tutur Direktur PT SJM, HM Arief.

Menurutnya, pihaknya dapat melakukan ekspor perdana beberapa waktu lalu hanya dengan menunjukkan sertifikat HACCP dan SKP. Hal ini dibenarkan oleh Kepala Pos Badan Karantina Ikan dan Pengendalian Mutu Hasil Perikanan Wilayah Kerja Nunukan, Nugroho Sasongko Aji. Menurutnya, kebijakan demikian memang dapat dilakukan untuk ekspor perdana. Namun sesuai prosedur, untuk ekspor selanjutnya harus melengkapi persyaratan yang sudah ditentukan. (Humas BKIPM)

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?
  • Terhibur (0.0%)
  • Terinspirasi (0.0%)
  • Senang (0.0%)
  • Tidak Peduli (0.0%)
  • Terganggu (0.0%)
  • Takut (0.0%)
  • Marah (0.0%)
  • Sedih (0.0%)

Comments

comments