DKP BERIKAN PELATIHAN KE PELAKU USAHA PERIKANAN

207
google.com

WE Online, Temanggung – Sebanyak lima kelompok pelaku usaha perikanan Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah, diberi kepercayaan untuk menyelenggarakan pelatihan secara mandiri.

“Pelaku usaha perikanan tersebut ternaung dalam kelembagaan Pusat Pelatihan Mandiri Kelautan dan Perikanan (P2MKP) yang secara legalitas berbadan hukum,” kata Kabid Perikanan, Dinas Peternakan dan Perikanan Kabupaten Temanggung, Muhammad Hadi di Temanggung, Selasa (13/10/2015).

Mereka dipercaya Balai Pendidikan dan Pelatihan Kelautan dan Perikanan Tegal yang merupakan Satker Badan Pendidikan dan Pelatihan Kelautan dan Perikanan Kementerian Kelautan dan Perikanan untuk menyelenggarakan pelatihan secara mandiri.

Hadi menyebutkan lima pelaku usaha perikanan yang menyelenggarakan pelatihan mandiri tersebut, yakni P2MKP Mina Clarias Kelurahan Jurang Kecamatan Temanggung melaksanakan kegiatan pelatihan pembenihan Lele. P2MKP Mina Jaya Mandiri desa Mondoretno Kecamatan Bulu menangani pembenihan nila, P2MKP Mina Papilon Kelurahan Parakan Kauman, Kecamatan Parakan melaksanakan pembenihan ikan hias koi.

P2MKP Jaya Mandiri Desa Mondoretno Kecamatan Bulu membidangi produk olahan berbahan baku ikan dan P2MKP Si Rambut Merah desa Bulu Kecamatan Bulu bergerak dalam kegiatan budi daya cacing sutera.

Ia mengatakan pelatihan P2MKP dilaksanakan selama empat pada 10-13 Oktober 2015 dengan masing masing peserta berjumlah 10 orang yang merupakan pelaku kegiatan pembudidaya ikan, cacing, pengolah ikan yang ada di Kabupaten Temanggung.

“Penyusunan kurikulum materi pelatihan, jadwal pelatihan dan pelatih serta administrasi kegiatan sepenuhnya dilaksanakan oleh kelembagaan P2MKP tersebut yang berkoordinasi dengan Bidang Perikanan Disnakan Temanggung,” paparnya.

Ia menuturkan dengan keberadaan P2MKP yang ada di Kabupaten Temanggung ini diharapkan dapat memberikan kontribusi pada pemerintah daerah dalam percepatan SDM, khususnya peningkatan pengetahuan dan keterampilan bagi pelaku yang bergerak di usaha perikanan. (Ant)

Editor: Achmad Fauzi

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?
  • Terinspirasi (100.0%)
  • Terhibur (0.0%)
  • Senang (0.0%)
  • Tidak Peduli (0.0%)
  • Terganggu (0.0%)
  • Takut (0.0%)
  • Marah (0.0%)
  • Sedih (0.0%)

Comments

comments