Cegah Penggunaan Bahan Berbahaya pada Produk Perikanan, KKP Gelar Coaching Clinic di Pasar Banjarbaru

39
Masyarakat begitu antusias mengikuti coaching clinic kesehatan dan mutu ikan di Pasar Banjarbaru, Kalimantan Selatan, Rabu (28/8). Dok. Humas BKIPM

KKPNews, Banjarbaru – Kementerian Kelautan dan Perikanan melalui Balai Karantina Ikan, Pengendalian Mutu dan Keamanan Hasil Perikanan (BKIPM) Banjarmasin menggelar coaching clinic di Pasar Banjarbaru, Rabu (28/8).

Kepala BKIPM Banjarmasin, Sokhib mengungkapkan, kegiatan ini bertujuan untuk mengedukasi masyarakat mengenai keamanan pangan, khususnya mutu komoditi perikanan dan bahaya formalin. Tak hanya itu, dalam kesempatan ini pengunjung juga diberikan tips dalam memilih ikan segar yang layak untuk dikonsumsi.

“Memberikan informasi kepada masyarakat tentang pentingnya mutu dan keamanan produk perikanan menjadi tanggung jawab BKIPM. Untuk itu, BKIPM Banjarmasin segara periodik melakukan kegiatan penyuluhan bagi pedagang ikan baik modern maupun tradisional, supaya benar-benar menjual hasil perikanan yang sehat dan layak dikonsumsi,” terangnya.

Sokhib menambahkan, konsumsi ikan segar dinilai lebih ideal dibanding ikan kemasan. “Namun masyarakat harus teliti juga dalam membeli, mengingat ada juga cara-cara salah yang digunakan pedagang supaya ikan yang dijajakan selalu terlihat segar,” tambahnya.

BKIPM Banjarmasin, lanjut Sokhib, merupakan UPT perpanjangan tangan dari pemerintah pusat dalam hal ini Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) yang menangani karantina dan mutu produk perikanan. “Kami semaksimal mungkin, terus hadir melayani di tengah-tengah masyarakat,” tambah Sokhib.

Salah satu pengunjung bernama Noorlaila (43 tahun) mengaku senang mendapat pengetahuan tentang bagaimana mengenali ikan yang benar-benar segar.

“Saya sering beli ikan segar untuk konsumsi keluarga. Kalau ada tips memilih ikan yang sehat seperti ini, jadi tidak khawatir lagi beli-beli ikan” tuturnya. (Humas BKIPM)

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?
  • Terhibur (100.0%)
  • Terinspirasi (0.0%)
  • Senang (0.0%)
  • Tidak Peduli (0.0%)
  • Terganggu (0.0%)
  • Takut (0.0%)
  • Marah (0.0%)
  • Sedih (0.0%)

Comments

comments