Bukan Sekadar Pusat Pelayanan, TPI Harus jadi Pusat Pemasaran

42
Ilustrasi Tempat Pelelangan Ikan (TPI). Dok Istimewa

KKPNews, Natuna – Dalam rangka meningkatkan tata kelola Tempat Pelelangan Ikan (TPI), Dinas Perikanan Kabupaten natuna menggelar Konsultasi Publik Rencana Pengelolaan Tempat Pelelangan Ikan di Natuna Hotel, Selasa (24/9). Kegiatan tersebut diikuti 50 peserta dari Kelompok Usaha Bersama (KUB) Bidang Perikanan, Koperasi Perikanan, dan nelayan se-Kabupaten Natuna.

Kegiatan konsultasi publik ini dibuka oleh Asisten Pemerintahan III Setda Natuna, Izwar Aspawi, yang mewakili Bupati Natuna, Hamid Rizal, dan dihadiri Ketua sementara DPRD Kabupaten Natuna Andes, Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Natuna, Zakimin, beserta tamu undangan lainnya.

Dalam sambutannya, Izwar mengatakan bahwa TPI merupakan salah satu fasilitas pendukung dalam aktivitas perikanan. Bukan hanya sebagai pendukung, keberadaannya diharapkan dapat menjadi salah satu faktor yang menggerakkan dan meningkatkan usaha dan kesejahteraan nelayan.

“Tempat pelelangan ikan juga merupakan salah satu fasilitas fungsional yang disediakan di setiap pangkalan pendaratan ikan di antara berbagai fasilitas lain seperti dermaga, kolam pelabuhan, alur pelayaran, serta fasilitas penunjang lainnya seperti gudang keamanan dan lain sebagainya,” rincinya.

Ia berpendapat, kompleksitas produk Ikan yang ditangkap nelayan membuat nilai jual yang diperoleh antara nelayan dan konsumen sangat jauh berbeda.  “Kesenjangan ini akan menimbulkan dampak negatif yang kurang baik bagi perkembangan perekonomian pada bidang perikanan,” tuturnya.

“Agar hasil pemanfaatan sumber daya ikan oleh nelayan bisa baik, maka tempat pelelangan ikan harus dapat dikembangkan fungsinya dari Pusat Pelayanan menjadi Pusat Pemasaran,” lanjutnya. (Humas BKIPM)

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?
  • Senang (100.0%)
  • Terhibur (0.0%)
  • Terinspirasi (0.0%)
  • Tidak Peduli (0.0%)
  • Terganggu (0.0%)
  • Takut (0.0%)
  • Marah (0.0%)
  • Sedih (0.0%)

Comments

comments