Bpol Lakukan Pelayaran Ilmiah Ke Selat Karimata

454
SAMSUNG CAMERA PICTURES

BPOL kembali adakan pelayaran, SITE Cruise Leg III, yang merupakan kerjasama penelitian South China Sea-Indonesian Seas Transport/Exchange antara Indonesia dan Tiongkok. Rencananya para peneliti dari BPOL – Balitbang KP, First Institute of Oceanography – State Oceanic Administration (FIO – SOA) Tiongkok, University of Maryland USA, Universitas Jenderal Soedirman, Universitas Surya, dan P2O – LIPI mulai berlayar pada hari ini, Jumat (19/12) sampai dengan 26 Desember 2014 dengan tujuan penelitian Selat Karimata menggunakan Kapal Riset Baruna Jaya VIII miliki P2O LIPI dan berangkat dari Pelabuhan Nizam Zachman Muara Baru.

Tujuan pelayaran kali ini adalah untuk mengetahui variabilitas transpor massa air antara Laut China Selatan dan perairan Indonesia yang melalui Selat Karimata in akan dilakukan recovery dan redeploy Trawl Resistance Bottom Mount (TRBM) yang dilengkapi dengan Acoustic Doppler Current Profiler</i> (ADCP) di 4 stasiun pengamatan dan pengungukuran CTD dan pengambilan sampel air untuk analisis klorofil-a dan nutrien di Selat Karimata. Kerjasama penelitian ini telah berjalan sejak tahun 2012, dan selama tahun 2012 hingga 2014 ini BPOL telah melakukan 7 kali pelayaran ilmiah, 5 di antaranya dilakukan di Selat Karimata sementara 2 lainnya dilakukan di Selat Lombok.

Usai pelayaran, BPOL akan mengadakan workshop di kantor BPOL di Perancak Kabupaten Jembrana pada tanggal 29-30 Desember yang mengambil tema. Indonesia – China Joint Workshop on Linking the South China Sea – Indonesian Seas – Indian Ocean and Its impacts on regional ecosystem, ocean circulation and climate”. Dalam acara workshop ini, BPOL akan mengundang pembicara dari Balitbang KP, ITB, BPPT, P2O LIPI, Universitas Surya, Universitas Soedirman, Universitas Sriwijaya, dan University of Maryland

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?
  • Terinspirasi (100.0%)
  • Terhibur (0.0%)
  • Senang (0.0%)
  • Tidak Peduli (0.0%)
  • Terganggu (0.0%)
  • Takut (0.0%)
  • Marah (0.0%)
  • Sedih (0.0%)

Comments

comments