BBP2HP KKP Kembangkan Inovasi Olahan Hasil Perikanan Ramah Lingkungan

83
Dirjen PDSPKP Rifky Effendi Hardijanto saat memberikan arahan dalam rapat kerja teknis BBP2HP di Raiser Ikan Hias Cibinong , Jumat (11/1). Dok. Humas PDSPKP

KKPNews, Jakarta – Balai Besar Pengujian Penerapan Hasil Perikanan (BBP2HP), unit pelaksana teknis Direktorat Jenderal Penguatan Daya Saing Produk Kelautan dan Perikanan (Ditjen PDSPKP) Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP), kembali mengembangkan inovasi kelautan dan perikanan. Tahun ini, BBP2HP berencana mengembangkan seaweed flake (serpihan rumput laut yang dapat ditambahkan ke makanan ringan); edible straw (sedotan yang terbuat dari rumput laut)kemasan biodegradable dari rumput laut, penyedap rasa dari kepala udang; kolagen kulit dan tulang patin; serta alat pencetak tortila.

Ragam inovasi ini dikemukakan dalam rapat kerja teknis  BBP2HP di Raiser Ikan Hias Cibinong, Jumat (11/1). Dalam pertemuan tersebut hadir para Koordinator Program Lingkup Ditjen PDSPKP dan BBP2HP, Koordinator Jabatan Fungsional BBP2HP, serta para Pejabat Struktural Eselon III dan IV Lingkup BBP2HP.

Direktur Jenderal PDSPKP, Rifky Effendi Hardijanto mengatakan, tujuan utama pembentukan BBP2HP adalah mengkreasikan nilai tambah dari produk kelautan dan perikanan. “Nilai tambah bisa didapat dengan inovasi, sertifikasi, dan pengembangan usaha. Tetapkan pula kegiatan prioritas dengan memilih produk yang added value-nya paling tinggi,” tutur Rifky.

Terkait dengan ragam inovasi yang akan dikembangkan BBP2HP, Rifky memberi perhatian lebih terhadap inovasi edible straw dan kemasan biodegradable dari rumput laut  yang jika terlaksana akan dapat memberi kontribusi yang signifikan bagi isu ramah lingkungan.

“Banyak sekali inovasi unggulan BBP2HP yang layak dipublikasikan dan menjadi bisnis komersial yang bisa meningkatkan taraf hidup rakyat, hemat devisa dan sebagai pengganti plastik sehingga ramah lingkungan,” tegas Rifky.

Selain inovasi bidang kelautan dan perikanan, BBP2HP pada tahun 2019 tetap melaksanakan kegiatan inkubator bisnis, penerbitan Sertifikat Produk Pengguna Tanda (SPPT)  SNI, uji nutrisi dan mutu produk perikanan. (Humas PDSPKP/AFN)

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?
  • Terinspirasi (100.0%)
  • Terhibur (0.0%)
  • Senang (0.0%)
  • Tidak Peduli (0.0%)
  • Terganggu (0.0%)
  • Takut (0.0%)
  • Marah (0.0%)
  • Sedih (0.0%)

Comments

comments