Bantu Nelayan Konawe Utara Lewat Kartu KUSUKA

132

KKPNews, Konawe Utara – Kementrian Kelautan dan Perikanan (KKP) melalui Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Kabupaten Konawe Utara, meluncurkan Kartu Pelaku Usaha Kelautan dan Perikanan (KUSUKA) untuk nelayan.

Dedy Riyanto selaku Kepala DKP Konawe Utara, melalui Kabid Perikanan Tangkap Asriyanto, menyatakan bahwa kartu KUSUKA adalah pengganti Kartu Nelayan yang selama ini digunakan oleh nelayan Konawe Utara.

“Ada perubahan program dari KKP, jika dulu namanya kartu nelayan, saat ini diubah menjadi Kartu Pelaku Usaha Kelautan dan Perikanan (KUSUKA),” ujar Asriyanto, Jumat (10/8)

Dengan diterbitkannya Peraturan Menteri Kelautan dan Perikanan Nomor 39/PERMEN-KP/2017 maka kartu KUSUKA ini yang nantinya akan dipergunakan nelayan atau pembudidaya perikanan dalam mengakses berbagai bantuan. Tanpa kartu ini akan kesulitan untuk mengakses bantuan.

Kartu KUSUKA sendiri bisa didapatkan secara perseorangan atau korporasi yang meliputi, nelayan baik nelayan kecil, nelayan tradisional, nelayan buruh, dan nelayan pemilik. Selain itu pembudidaya ikan yang terdiri dari pembudidaya ikan kecil, penggarap lahan, dan pemilik lahan. Petambak garam pun bisa mengakses kartu KUSUKA. Pelaku lainnya adalah pengolah ikan, pemasar perikanan, dan penyedia jasa pengiriman produk kelautan dan perikanan.

Sedangkan di Kabupaten Konawa, dalam memperoleh kartu KUSUKA penyuluh perikanan harus turun ke lapangan untuk melakukan pendataan. Di DKP Konawe Utara terdapat 15 orang penyuluh PNS dan PPB (Pegawai Vertikal KKP) yang wilayah kerjanya telah dibagi untuk pendataan.

Asriyanto berharap, kartu KUSUKA dapat bermanfaat bagi nelayan. Terlebih lagi dengan kartu KUSUKA tersebut basis data akan semakin valid, mengingat verifikasi dilakukan langsung oleh penyuluh. Selain itu, nelayan dapat menabung di bank tanpa membuka rekening dikarenakan KKP telah bekerja sama dengan Bank BNI. Sehingga semua kegiatan usaha perikanan dapat terintegrasi pada satu kartu. (Dea Radista Rachmi/AFN)

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?
  • Senang (66.7%)
  • Terinspirasi (33.3%)
  • Terhibur (0.0%)
  • Tidak Peduli (0.0%)
  • Terganggu (0.0%)
  • Takut (0.0%)
  • Marah (0.0%)
  • Sedih (0.0%)

Comments

comments