Bagikan Ikan ke Warga Perbatasan, KKP Gemakan “Bangga Buatan Indonesia”

8

KKPNews, Jakarta – Program Bulan Mutu Karantina 2020 Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) kini menyambangi wilayah paling timur di Indonesia. Melalui Stasiun Karantina Ikan, Pengendalian Mutu dan Keamanan Hasil Perikanan (SKIPM) Merauke, Papua, sebanyak 1.300 paket ikan bermutu dibagikan ke warga terdampak covid-19 serta warga perbatasan Republik Indonesia – Papua New Guinea.

“Kegiatan ini dalam rangka menjalankan fungsi edukasi kepada masyarakat dalam hal penyediaan ikan sehat dan bermutu,” kata Kepala SKIPM Merauke, Nikmatul Rochmah saat penyerahan bantuan secara simbolis kepada masyarakat, Kamis (14/5/2020).

Adapun paket bantuan tersebut berisi ikan beku, ikan kaleng, serta produk olahan ikan lainnya seperti abon ikan ataupun bakso ikan. Nikmatul memaparkan, pembagian paket ikan dan ikan olahan ini merupakan gagasan Menteri Kelautan dan Perikanan, Edhy Prabowo dalam rangka meningkatkan imun untuk mencegah penyebaran covid-19.

Bagi2

Rencananya, 1300 paket ikan beku dan olahan ini akan didistribusikan di tiga lokasi, yakni di Merauke, perbatasan Sota, serta Kabupaten Boven Digoel.

“Pembagian paket ini juga dalam rangka membantu pemenuhan kebutuhan protein bagi
masyarakat yang terdampak covid-19,” sambungnya.

Selain itu, dari Bulan Mutu Karantina, Nikmatul diharapkan muncul kebanggan pada produk-produk perikanan Indonesia. Terlebih olahan ikan yang termasuk dalam paket merupakan produksi usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) di sekitar Merauke.

“Kegiatan ini juga untuk membangkitkan kebanggan terhadap produk kita, sebagaimana pesan Presiden Jokowi terkait gerakan nasional bangga buatan Indonesia,” tukasnya.

Pada pembagian ini, tim SKIPM Merauke turut dibantu oleh anggota Komisi IV DPR RI, Sulaeman L Hamzah berupa bantuan beras dan supermi. Dia berharap kegiatan ini bisa menumbuhkan jiwa gotong royong dan meringankan beban masyarakat yang terdampak Covid-19.

“Semoga virus Corona segera hilang dari tanah air sehingga kondisi kembali berjalan
normal seperti biasa,” kata Sulaeman.

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?
  • Terhibur (0.0%)
  • Terinspirasi (0.0%)
  • Senang (0.0%)
  • Tidak Peduli (0.0%)
  • Terganggu (0.0%)
  • Takut (0.0%)
  • Marah (0.0%)
  • Sedih (0.0%)

Comments

comments