Tingkatkan Konsumsi Ikan Masyarakat, Pasar Ikan Bersih Secang Resmi Dibuka

8
Asisten I Pemkab Magelang, meresmikan pasar ikan bersih. Dok. Bagyo Harsono/KR Jogja

KKPNews, Magelang – Upaya meningkatkan angka konsumsi ikan masyarakat di berbagai daerah terus dilakukan. Di Magelang misalnya, untuk mendorong konsumsi ikan masyarakat yang dinilai masih rendah, pemerintah setempat membuka Pasar Ikan Bersih di Desa Ngabean, Kecamatan Secang, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah pada Rabu (28/3) lalu.

Pjs. Bupati Magelang Tavip Supriyanto yang diwakili Asisten 1 Pemkab Magelang Agung Trijaya mengungkapkan, keberadaan pasar ikan bersih ini mampu mendorong pertumbuhan perekonimian melalui perdagangan. Selain itu diharapkan keberadaannya juga akan mampu meningkatkan angka konsumsi ikan masyarakat sekitar.

“Data yang dikeluarkan Dinas Peternakan dan Perikanan Kabupaten Magelang menunjukkan bahwa konsumsi ikan di Magelang masih sangat rendah yaitu 18,6 kg per kapita tiap tahunnya, sedangkan tingkat nasional sudah mencapai 43,8 kg per kapita tiap tahunnya,” tutur Agung.

Meskipun agenda utama adalah meningkatkan konsumsi ikan masyarakat, namun mutu dan keamanan produk perikanan yang akan dikonsumsi tak boleh dilupakan. Oleh karena itu, penjagaan terhadap mutu pangan khususnya ikan yang akan dikonsumsi masyarakat terus dilakukan.

“Posisi riskan kondisi ikan itu saat berada di pasar. Jika tidak dikelola dengan baik atau sesuai SOP, maka ikan tidak akan layak dikonsumsi oleh masyarakat. Maka dari itu, keberadaan pasar khusus ikan ini bisa menjaga kualitas ini dengan adanya pembinaan-pembinaan kepada pedagang,” papar Kasubdit Kemitraan Ditjen Penguatan Daya Saing Produk Kelautan dan Perikanan (PDSPKP) Kementerian Kelautan dan Perikanan Tri Wahyuni yang turut hadir dalam pembukaan pasar.

Adapun Kepala Dinas Peternakan dan Perikanan Kabupaten Magelang Sri Hartini menjelaskan, pasar ikan ini akan dibuka mulai pukul 02.00 WIB hingga pukul 07.00 WIB. Menurutnya, dulu di pasar ini hanya ada 2 pedagang saja, namun kini telah berkembang menjadi 16 pedagang dan 42 pengecer.

“Perlu diketahui masyarakat, pasar ini tidak menjual ikan air tawar saja, tapi ikan laut juga. Dan ke depan harapannya bisa dibuka sampai siang dengan dilengkapi dengan fasilitas lainnya sehingga kesejahteraan pedangan maupun pengecer ikan semakin meningkat,” tandas Sri. (AFN)

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?
  • Terhibur (0.0%)
  • Terinspirasi (0.0%)
  • Senang (0.0%)
  • Tidak Peduli (0.0%)
  • Terganggu (0.0%)
  • Takut (0.0%)
  • Marah (0.0%)
  • Sedih (0.0%)

Comments

comments